Gunung Bawah Laut Ditemukan di Pacitan Akibat Tumbukan Lempeng Indo-Australia

Gunung bawah laut.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/University of Tasmania and Australia Woods Hole Oceanographic Institution

VIVA Tekno  – Telah ditemukan gunung bawah laut di kawasan perairan Pacitan, Jawa Timur sejauh 200 kilometer di sisi barat daya, menurut laporan Badan Informasi Geospasial (BIG) yang berharap pemerintah untuk memberi nama pada objek tersebut.

Bentrok Kelompok Rontek di Pacitan Meluas: Kendaraan Pemudik Rusak Dilempar Batu

BIG sebelumnya tengah melakukan proses survei dan pemetaan dengan inventarisasi sumber daya alam di wilayah perairan tersebut.

"Gunung baru hasil temuan BIG wilayah Pacitan ini memiliki diameter kurang lebih 10 km dengan tinggi 2.300 m dan kedalaman mencapai 4 km dari permukaan air laut," tulis akun Instagram @dongenggeologi yang dikutip pada Minggu 12 Februari 2023.

Identitas Pemeran Video Mesum di Hutan Pacitan Terkuak, Begini Pengakuannya

Lembaga pemerintahan non-kementerian itu belum melaporkan adanya aktivitas gunung api karena belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Menyelam di Gunung Berapi Bawah Laut (Ilustrasi)

Photo :
  • Antara/Andika Wahyu
Geopark Gunung Sewu, Bentang Alam Khas Tropis Indonesia yang Diakui UNESCO

Akun Dongeng Geologi lebih lanjut menjelaskan bahwa kemunculan gunung ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ini ada hubungannya dengan fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia.

"Kalau selama ini kita menganggap bahwa lantai samudera itu mulus-mulus saja, berarti anggapan kita masih keliru. Lantai samudera yang ada di dasar laut memiliki morfologi yang tidak mulus, melainkan memiliki tonjolan-tonjolan. Nah, tonjolan ini biasanya dikenal dengan sebutan Roo Rise," jelasnya.

Ibaratnya, tengah ada desakan di lantai samudera akibat penunjaman, lalu ada sebagian yang menonjol yang disebut Roo Rise. 

Misalnya saja Christmas Island, pulau tersebut adalah salah satu bagian dari adanya Roo Rise di sisi barat daya Pulau Jawa.

Tonjolan yang ada di selatan Jawa ini merupakah salah satu yang terbesar, memanjang dari selatan Yogyakarta hingga selatan Banyuwangi. Konsekuensi dari adanya Roo Rise adalah morfologi lantai samudera akan mempengaruhi smooth atau tidaknya proses penunjaman. 

Ketika proses penunjaman tertahan oleh morfologi tersebut, maka akumulasi energi (strain) akan semakin besar dan kemungkinan gempa yang terjadi akan semakin besar. 

"Hingga saat ini proses penelitian masih terus dilakukan oleh BIG dan ahli geologi terkait temuan gunung bawah laut di Pacitan tersebut," imbuh @dongenggeologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya