Obat KB Pria Dikembangkan, Lebih Ampuh Dibanding Kontrasepsi Wanita

Ilustrasi alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Dokumentasi HonestDocs

VIVA Tekno – Pil kontrasepsi untuk pria telah dikembangkan yang dapat diminum sebelum berhubungan seks. Cara tersebut akan memblokir protein kesuburan selama 24 jam. Para ilmuwan mengatakan bahwa ini lebih efektif daripada obat KB wanita yang harus diminum setiap hari.

Mpok Alpa Hamil Anak Kembar, Sempat Kena Mental Saat Syuting

Dalam percobaan, senyawa non-hormon menghentikan sel sperma tikus di jalurnya, mencegahnya menjadi dewasa. Fungsi seksual hewan itu normal. Tapi saat hewan pengerat lab jantan dikawinkan dengan betina tidak ada indikasi kehamilan.

Penulis utama studi, Melanie Balbach berkata bahwa inhibitor mereka bekerja dalam waktu 30 menit hingga satu jam.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

"Setiap kontrasepsi pria hormonal atau non-hormon eksperimental lainnya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menurunkan jumlah sperma atau membuat mereka tidak dapat membuahi sel telur." katanya.

Obat tersebut untuk sementara menonaktifkan enzim yang disebut sAC (adenylyl cyclase larut), yang memicu sel untuk berenang.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Ilustrasi bercinta/seks.

Photo :
  • Freepik/ijab

"Sperma yang diambil dari tikus betina 'tetap tidak berdaya'. Tidak ada efek samping. Senyawa itu mereda tiga jam kemudian, dan laki-laki memulihkan kesuburan mereka," lanjutnya.

Dosis tunggal membuat sperma tidak bergerak hingga dua setengah jam, bertahan di saluran reproduksi wanita setelah berhubungan seks. Ada 52 upaya pembuahan dan semuanya gagal.

Sebaliknya, hewan sebaya yang menggunakan plasebo bertindak sebagai kontrol, membuat sepertiga pasangannya hamil, melansir dari situs Metro, Kamis, 16 Februari 2023.

Setelah tiga jam, beberapa sperma mulai mendapatkan kembali motilitasnya dengan hampir semuanya pulih sehari kemudian. Tim di Weill Cornell Medicine, New York, memuji terobosan tersebut sebagai 'pengubah permainan' yang potensial untuk pengendalian kelahiran.

Para ilmuwan telah mencoba mengembangkan kontrasepsi oral pria yang efektif selama beberapa dekade. Tetapi terapi yang menargetkan testosteron telah menyebabkan obesitas, depresi, dan kolesterol tinggi.

Pilihan wanita berkisar dari pil hingga alat kontrasepsi. Akibatnya, mereka menanggung sebagian besar beban mencegah kehamilan. Sedangkan pria hanya memiliki dua kondom atau vasektomi.

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Photo :
  • Pixabay/Anqa

Yang pertama hanya sekali pakai dan rentan terhadap kegagalan. Yang terakhir adalah sterilisasi bedah yang mahal tapi tidak selalu berhasil.

Diperlukan waktu berminggu-minggu untuk membalikkan efek kontrasepsi pria hormonal dan non-hormonal lainnya dalam perkembangannya, kata Balbach.

Tapi pengobatan baru ini akan hilang dalam beberapa jam. Penulis lain, Lonny Levin berkata tim sedang bekerja untuk membuat inhibitor sAC lebih cocok digunakan pada manusia.

Peneliti telah meluncurkan Sacyl Pharmaceuticals. Langkah selanjutnya adalah mengulang penelitian dalam model pra-klinis yang berbeda untuk meletakkan dasar bagi uji klinis.

Mereka akan menguji efek motilitas sperma pada laki-laki manusia yang sehat, kata rekan penulis Jochen Buck. Jika berhasil,  Levin berharap suatu hari KB tersebut bisa masuk ke apotek. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications ini termasuk yang paling menjanjikan hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya