Anak Usaha Telkom Indonesia Lagi Semringah

Teknisi Telkom Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA Tekno – Layanan internet Indihome berkontribusi terhadap kinerja induk usahanya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, di sepanjang tahun lalu. BUMN Telekomunikasi tersebut berhasil menutup tahun buku 2022 dengan kinerja yang memuaskan.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Pendapatan perseroan sebesar Rp147,31 triliun atau tumbuh 2,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) Telkom Indonesia tercatat Rp78,99 triliun atau tumbuh 4,3 persen yoy dengan laba bersih Rp25,86 triliun atau tumbuh 7,7 persen yoy.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Sementara pendapatan Indihome mencapai Rp28 triliun atau tumbuh positif 6,4 persen yoy. Selain itu, layanan internet pelat merah ini menutup 2022 dengan pertumbuhan pelanggan sebesar 7,1 persen dari akhir tahun sebelumnya menjadi 9,2 juta pelanggan, di mana 63 persen pelanggan Dual Play dan 37 persen pelanggan Triple Play.

Angka Rata-rata Pendapatan Bulanan per Pelanggan (Average Revenue per User/ARPU) Indihome dinilai cukup stabil pada kisaran harga Rp268 ribu, yang didukung oleh pendapatan dari add-ons yang tumbuh 10,4 persen yoy.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menara Telkom.

Photo :
  • Dok. Telkom

Tidak hanya kinerja, Indihome juga menaruh perhatian terhadap aspek komunikasi. Melalui Indihome Media Engagement (IME), banyak peran penting penyampaian komunikasi dua arah, yakni Indihome dan pihak eksternal seperti media massa, komunitas, dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk menjalankan fungsi sebagai penjaga reputasi.

Banyaknya program yang berhulu pada kehumasan (public relation/PR) juga membuktikan jika komunikasi merupakan aspek strategis bagi Indihome.

Tak hanya menyampaikan pesan atau mitigasi krisis semata, tapi penerapan strategi komunikasi yang baik, maka bisnis juga bisa meningkat.

Hal ini terlihat dari sumbangsih divisi digital marketing operation, costumer experience, dan event organizer turut menunjang kinerja bisnis.

"Memberikan layanan baik tidak hanya melalui produk yang bagus tapi harus diiringi dengan komunikasi yang baik juga,” kata Vice President Marketing Management Telkom Indonesia E. Kurniawan, Jumat, 24 Maret 2023.

Ilustrasi bebas berselancar di internet.

Photo :
  • Pixabay

Atas dasar itulah, unit dan fungsi public relation Indihome meraih penghargaan platinum sebagai ‘Best PR Achievement 2022’ dalam perhelatan Public Relation Indonesia Awards 2023 yang diselenggarakan oleh PR Indonesia.

Penghargaan tersebut seperti PR-Corporate PR Program melalui program 3C (Connections, Creativity, Charity), PR-Digital PR Program melalui JOIN (Hanya di Indihome), dan PR Marketing Program PR Blog Competition 2022.

Selain itu, Saluran Aplikasi Digital; Manajemen krisis dan pascakrisis; Profil video media khusus, Limitless Esport Academy (LEAD), Indihome Gideon Badminton Academy, serta Indihome Friends.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya