Ada Peningkatan Angka Kanker Tenggorokan, Dipercaya karena Seks Oral

Ilustrasi hubungan intim.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Telah terjadi peningkatan besar pada kanker tenggorokan di Inggris dan Amerika Serikat. Para ahli percaya seks oral adalah alasan utamanya.

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

Beberapa bahkan percaya itu berubah menjadi epidemi, terutama jika kanker orofaringeal mempengaruhi area amandel dan belakang tenggorokan. Hisham Mehanna, dari Institute of Cancer and Genomic Sciences di University of Birmingham mengatakan bahwa 70 persen kasus kanker tenggorokan disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), yang juga merupakan penyebab utama kanker serviks.

Umumnya itu cenderung tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan kutil kelamin atau kanker pada beberapa orang. Mehanna mengungkapkan bahwa kanker orofaring sekarang menjadi lebih umum daripada kanker serviks di Barat.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

"HPV ditularkan secara seksual. Untuk kanker orofaringeal, faktor risiko utamanya adalah jumlah pasangan seksual seumur hidup, terutama seks oral," ujarnya.

Mereka yang memiliki enam atau lebih pasangan seks oral seumur hidup, 8,5 kali lebih mungkin mengembangkan kanker orofaring daripada mereka yang tidak melakukan seks oral.

Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

Dia dan rekan-rekannya melakukan penelitian di Inggris terhadap 1.000 orang yang menjalani tonsilektomi karena alasan non-kanker. Kemudian terungkap bahwa 80 persen orang dewasa melaporkan melakukan seks oral di beberapa titik dalam hidup mereka.

Ilustrasi pisang sebagai penis.

Photo :
  • Freepik

Sebenarnya telah tersedia vaksin HPV, tetapi hanya 54 persen orang Amerika yang telah menerimanya, jauh lebih rendah dari angka 80 persen yang diyakini sebagai ambang batas keselamatan populasi. Padahal diprediksi akan ada 54.000 kasus kanker mulut atau orofaringeal yang didiagnosis di AS tahun ini, menyebabkan 9.750 kematian.

Para ilmuwan di NYU Langone, New York, percaya bahwa sebanyak 70 persen kasus kanker tenggorokan disebabkan oleh infeksi HPV, melansir dari situs Express, Kamis, 27 April 2023.

Mehanna menambahkan bahwa vaksinasi HPV pada gadis muda telah diterapkan di banyak negara untuk mencegah kanker serviks. Sekarang ada peningkatan, meskipun belum ada bukti tidak langsung yang mungkin juga efektif dalam mencegah infeksi HPV di mulut.

“Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa anak laki-laki juga dilindungi oleh 'kekebalan kelompok' di negara-negara dengan cakupan vaksin yang tinggi pada anak perempuan (lebih dari 85 persen). Secara bersama-sama, ini diharapkan dapat mengarah pada pengurangan kanker orofaringeal dalam beberapa dekade," imbuhnya.

Dia juga mengatakan bahwa anak laki-laki juga disarankan untuk mendapatkan vaksin HPV, tetapi beberapa negara menentang vaksinasi tersebut karena kekhawatiran akan keamanannya.

Eric Boakye, asisten ilmuwan di Henry Ford Health Center di Detroit mengatakan, lebih dari 90 persen kanker terkait HPV dapat dicegah dengan vaksin HPV, namun penggunaan vaksin masih kurang optimal.

“Mengingat hubungan antara kesadaran kanker terkait HPV dan penyerapan vaksin HPV, penting bagi kami untuk meningkatkan kesadaran populasi akan hubungan ini karena akan membantu meningkatkan penyerapan vaksin," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya