Covid-19 Usai, Clubhouse Pangkas Karyawan

Facebook Vs Clubhouse.
Sumber :
  • PYMNTS.com

VIVA Tekno – Aplikasi audio sosial Clubhouse telah memberhentikan lebih dari sebagian stafnya dalam gelombang PHK terbaru di industri teknologi.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Platform khusus audio ini menjadi terkenal pada awal 2021 karena berkat adanya pengguna di tengah pandemi Covid-19, di mana orang-orang di seluruh dunia terbiasa dengan pekerjaan online jarak jauh.

Kesuksesan Clubhouse diikuti oleh beberapa aplikasi media sosial seperti Reddit, Facebook dan Twitter yang mencoba mengintegrasikan fitur interaksi audio mereka sendiri.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Sekarang, hanya dua tahun setelah ledakan awal perusahaan, Pendiri Clubhouse, Paul Davison dan Rohan Seth mengatakan dalam sebuah posting blog pada hari Kamis bahwa PHK massal adalah sebagai tanggapan atas perubahan kebiasaan pelanggan di dunia pasca-Covid.

"Hari ini kami mengumumkan bahwa kami mengurangi organisasi kami hingga lebih dari 50 persen dan merasa senang tinggal kepada banyak rekan tim yang berbakat dan menyempurnakannya dalam prosesnya," tulis postingan blog tersebut.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

“Tetapi karena dunia telah terbuka pasca-Covid, semakin sulit bagi banyak orang untuk menemukan teman mereka di Clubhouse dan memasukkan percakapan panjang ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Untuk menemukan perbedaannya di dunia, produk perlu diubah," lanjutnya.

Clubhouse.

Photo :
  • Clubhouse Indonesia

Tidak jelas berapa banyak karyawan yang ada di perusahaan sebelum PHK, tetapi Davidson sebelumnya mengatakan bahwa startup tersebut memiliki hampir 100 karyawan, menurut situs Independent, Senin, 1 Mei 2023.

Perusahaan mencatat bahwa kekuatan karyawannya sebelum PHK mempersulit tim untuk berkoordinasi, membuat 'orang-orang yang brilian dan kreatif' kurang dimanfaatkan.

Untuk memperbaikinya, startup perlu mengatur ulang perusahaan, menghilangkan peran, dan menurunkannya ke tim yang lebih kecil dan berfokus pada produk.

Clubhouse sekarang bertaruh pada tim yang lebih kecil untuk memberikannya fokus dan kecepatan serta membantunya berkembang.

Berbeda dengan perusahaan teknologi lain yang telah melakukan PHK massal akhir-akhir ini, Clubhouse tidak menyebut ekonomi yang stagnan sebagai alasan pemutusan hubungan kerja, tetapi menyebutkan menantang lingkungan kerja jarak jauh dan menghilangkan yang berlebihan sebagai faktor yang mengarah pada keputusannya.

"Kami memiliki visi yang jelas tentang apa Clubhouse 2.0 dan kami percaya bahwa dengan tim yang lebih kecil dan ramping, kami dapat mengulang detail lebih cepat, membangun produk yang tepat, dan memuliakan rekan tim kami yang membantu kami sampai di sini," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya