Paket Data Internet untuk Haji dari Operator Indonesia dan Arab Saudi

Kartu perdana Telkomsel.
Sumber :
  • Telkomsel/VIVA

VIVA Tekno – Akses internet merupakan kebutuhan pokok untuk banyak orang karena banyak aspek dalam hidup yang kini terkoneksi dengan internet. Ada pula berbagai model layanan paket data internet yang disediakan oleh operator telepon untuk jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Jemaah haji juga tetap bisa memakai paket data haji dari operator telepon di Indonesia atau membeli paket data dari operator lokal Saudi Arabia. Indonesia sendiri menyediakan empat operator internet, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren. 

Sementara itu, untuk Arab Saudi sendiri ada tiga operator telepon yang menyediakan paket internet yaitu STC, Moblily, dan Zain. Untuk lebih lengkapnya, berikut pilihan yang disediakan berdasarkan informasi terbaru dari masing-masing situs web resmi. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

1. Telkomsel

Kartu perdana Telkomsel.

Photo :
  • Telkomsel/VIVA
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Telkomsel telah menyediakan beragam paket haji secara lengkap. Mulai dari paket internet saja hingga paket internet, telepon, dan SMS. Untuk paket 20 hari internet saja yaitu Rp500 ribu untuk 10 gb dan mendapat 1 gb untuk negara transit. 

Kemudian paket termahal yaitu Rp880 ribu. Sementara untuk paket internet, telepon, dan SMS dibanderol Rp610 ribu dengan rincian internet 10 gb, internet di negara transit 1 gb, telepon selama 50 menit, serta 50 SMS dan untuk yang termahal Rp1.050.000. 

2. Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Indosat menyediakan paket umrah haji dengan rentang waktu mulai dari 10 hingga 45 hari. Untuk paket 10 hari termurah dipatok mulai dari Rp245 ribu dengan kuota internet mencapai 5 gb dan Rp325 ribu untuk internet 5 gb dan telepon 60 menit serta 60 SMS. 

Kemudian untuk paket paling mahal adalah Umroh Haji Combo 45 hari dengan harga mencapai Rp750 ribu. Pelanggan bisa menikmati akses internet selama 45 hari dengan data mencapai 20 gb, 120 menit telepon, SMS ke semua operator 120 rupiah.

3. XL Axiata 

BTS XL Axiata.

Photo :
  • Dok. XL Axiata

XL Axiata sudah menyediakan berbagai pilihan produk internet selama di Arab Saudi yang dimulai dengan harga Rp99 ribu dengan akses data masing-masing sebesar 1 gb di Indonesia dan Arab Saudi dengan masa berlaku selama 45 hari. 

Jika ingin lebih fleksibel, maka ada paket seharga Rp469 ribu yang mendapatkan data sebanyak 5 gb untuk Indonesia dan 5 gb Arab Saudi selama 45 hari. Ada juga paket lain seharga Rp399 ribu untuk 60 hari data 5 gb Indonesia dan Arab Saudi. 

4. Smartfren

Uji jaringan Smartfren.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Smartfren juga mempunyai produk roaming internasional untuk haji yang diberi nama Smart Day Pass yang hanya dibanderol Rp285.000 dengan durasi 14 hari. Kelebihan dari paket ini adalah tidak ada pembatasan jumlah akses data sehingga tidak akan membuat jemaah khawatir. 

5. STC 

Penyelenggaraan Ibadah Haji

Photo :
  • Darmawan/MCH2019

STC adalah operator telepon seluler dengan jangkauan terluas yang dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi.Paket paling hemat harganya 115 riyal atau Rp460.000 dan sudah termasuk akses data 25 gb, berlaku selama satu bulan. Paket yang lebih besar dihargai SAR 253 setara Rp1 juta dengan akses data 80 gb berlaku selama 2 bulan. 

6. Mobily 

Ilustrasi jaringan internet.

Photo :
  • The Journal

Mobily menawarkan paket mulai dari 200 Riyal atau setara Rp800.000 dengan akses data 10 gb. Keunggulan operator ini adalah paket berlaku hingga 3 bulan. Tersedia pula paket data hingga 300 gb dan Unlimited, dengan harga yang lebih mahal tentunya. 

7. Zain 

Ilustrasi menggunakan internet.

Photo :
  • Freepik

Zain menawarkan harga yang lebih terjangkau dan pilihan akses data yang lebih luas. Untuk paket 99 riyal Rp396.000, kamu sudah mendapatkan paket data 25 gb yang bisa digunakan untuk mengakses Youtube, Facebook, dan Tiktok. Sisanya 25 gb untuk paket data internet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya