Ini Gambaran Manusia Sempurna Menurut AI

Sosok manusia sempurna menurut AI.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Tekno – Ternyata, pria benar-benar menyukai sosok blonde, dan kriteria 'tinggi, gelap, dan tampan' adalah ciri-ciri dari pria ideal. Hal ini menurut alat kecerdasan buatan yang belajar dari miliaran gambar di situs media sosial yang menggambarkan bagaimana sebenarnya “orang-orang cantik” itu.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

Proyek Bulimia, sebuah kelompok kesadaran gangguan makan, meminta AI untuk menghasilkan tubuh pria dan wanita yang 'sempurna', menurut apa yang paling banyak mendapat perhatian di media sosial.

Para peneliti dari organisasi tersebut menemukan bahwa wanita yang paling diinginkan memiliki rambut pirang, kulit zaitun, mata cokelat, dan figure yang langsing, sedangkan pria 'sempurna' memiliki mata gelap membara, tulang pipi yang menonjol, dan otot yang tegas.

Hailey Bieber Ungkap Sifat Asli Justin Bieber, Penggemar Merasa Lucu Sekaligus Khawatir

Pria berotot.

Photo :
  • U-Report
840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

Namun, sebagian besar hasil AI tampaknya memainkan standar kecantikan yang sudah ketinggalan zaman, kaukasia namun kecokelatan, langsing namun berotot, dan sangat pirang, yang mengisyaratkan bias implisit alat tersebut.

Proyek Bulimia menguji generator gambar Kecerdasan Buatan, termasuk Dall-E 2, Stable Diffusion, dan Midjourney, untuk mengungkap seperti apa gagasan program tentang fisik 'sempurna' pada wanita dan pria.

AI bekerja dengan menjelajahi internet untuk mencari gambar yang sudah ada dan merancang gambar baru berdasarkan hasil tersebut. Karena mereka tidak menunjukkan bagaimana sebenernya mereka bekerja, tidak jelas bagaimana mereka sampai pada hasil tersebut.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Namun mereka dianggap mempertimbangkan interaksi dengan foto yang diunggah ke media sosial, termasuk banyaknya suka dan komentar, serta pencarian di internet.

Hampir 40 persen dari gambar yang menunjukkan wanita 'sempurna' berambut pirang, 30 persen memiliki mata cokelat, dan lebih dari setengahnya berkulit zaitun.

Hampir 70 persen pria 'sempurna' memiliki rambut cokelat dan 23 persen memiliki mata cokelat. Mirip dengan wanita, sebagian besar pria berkulit zaitun dan hampir setengahnya memiliki rambut wajah.

Banyak dari mereka yang bertubuh semapai, dan gambar menunjukkan banyak dari mereka dengan fitur yang hampir seperti kartun yaitu bibir plump atau montok, kulit bebas kerut dan bebas pori, dan hidung mancung yang sempurna, semua fitur yang sangat didambakan dan sering ditiru untuk operasi plastik dan filler.

Laporan Daily Mail kemudian memasukkan atribut tersebut ke Midjourney dan memintanya untuk membuat gambar orang palsu. Itu mengembalikan gambar yang disetel dengan sangat halus sehingga tidak akan terlihat aneh saat dipublikasikan.

Laporan dari Proyek Bulimia menyimpulkan: 'Di era filter Instagram dan Snapchat, tidak ada yang dapat mencapai standar fisik yang ditetapkan oleh media sosial secara wajar. Jadi, mengapa mencoba memenuhi cita-cita yang tidak realistis? Lebih sehat secara mental dan fisik untuk menjaga ekspektasi citra tubuh tepat di ranah realitas,” tulisnya.

Sosok manusia sempurna menurut AI.

Photo :
  • Daily Mail

James Campigotto, seorang jurnalis data di Florida yang membantu mengerjakan studi Proyek Bulimia, mengatakan kepada Fox News bahwa itu dimaksudkan untuk mengeksplorasi bias dan bahaya AI dan kekuatan media sosial, yang menjadi masalah memprihatinkan, terutama di kalangan anak muda.

Sebuah studi tahun 2019 dari University of Montreal mempelajari efek buruk dari penggunaan media sosial jangka panjang pada citra tubuh. Remaja menghabiskan rata-rata sembilan jam online sehari dan, secara bersamaan, tingkat depresi di kalangan anak muda telah mencapai rekor tertinggi di tahun 2022-2023.

Media sosial dan standart yang digambarkannya telah disalahkan atas peningkatan depresi dan bunuh diri terkait di kalangan remaja bahkan sebelum pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya