CEO OpenAI Sam Altman Menyapa Indonesia

CEO OpenAI, Sam Altman. Ia merupakan sosok di balik terciptanya aplikasi ChatGPT.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Sam Altman, salah satu tokoh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), sekaligus Co-Founder and CEO OpenAI – yang membuat aplikasi ChatGPT – hadir di Indonesia dalam gelaran 'Conversation with Sam Altman' yang diselenggarakan oleh Korika bersama dengan GDP Venture.

Predator Triton Neo 16, Bodi Tipis Performa Kelas Atas

Bincang-bincang menarik ini diselenggarakan untuk memperluas pemahaman masyarakat tentang teknologi AI. Pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Sam Altman terkait teknologi AI.

"Kedatangan Sam Altman sangat selaras dengan perkembangan generative AI yang mendukung visi dan misi Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia, untuk mewujudkan ekosistem AI," kata Ketua Umum Korika Hammam Riza dalam keterangan resminya, Selasa, 13 Juni 2023.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

Menurutnya, penerapan strategi nasional kecerdasan buatan akan menuju Visi Indonesia 2045 yang mencakup 4 pilar, yaitu pembangunan manusia dan penguasaan sains dan teknologi, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pembangunan yang adil dan penguatan ketahanan nasional dan tata kelola.

Event ini akan menjadi kesempatan untuk para stakeholder, profesional dan praktisi teknologi AI untuk mendapatkan wawasan langsung dari salah satu tokoh paling berpengaruh dalam pengembangan AI.

840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

OpenAI ChatGPT.

Photo :
  • Richard Drew

Kepala BPPT Hammam Riza.

Photo :
  • BPPT

"Dengan menyelaraskan perkembangan Open AI dan Strategi AI Nasional Indonesia, ini akan mendorong negara kita ke puncak keberhasilan baru, menjadikan kita sebagai salah satu pemimpin global dalam inovasi teknologi dan pertumbuhan ekonomi," imbuhnya. 

OpenAI adalah sebuah perusahaan riset dan pengembangan kecerdasan buatan yang didirikan pada tahun 2015 yang melakukan penelitian dan pengembangan dalam berbagai bidang AI termasuk pemrosesan bahasa alami, pengenalan gambar, pemodelan generatif, dan pembelajaran penguatan. 

Tujuan utama perusahaan tersebut adalah untuk memastikan bahwa kecerdasan buatan dapat digunakan secara luas untuk kebaikan semua orang. 

Salah satu produk terkenal yang dikembangkan oleh OpenAI adalah GPT (Generative Pre-trained Transformer), yang merupakan keluarga model berbasis Transformer. 

Transformer merupakan sebuah arsitektur model yang sangat canggih dalam bidang pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin.

Sementara ChatGPT merupakan model berbasis teks yang menggunakan arsitektur Transformer untuk dapat mengenali pola bahasa, menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP) untuk memahami pertanyaan atau pernyataan pengguna, dan memberikan respon yang relevan dan sesuai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya