Penampakan Titan, Kapal Selam yang Hilang saat Wisata ke Bangkai Titanic

Kapal selam Titan.
Sumber :
  • OceanGate

VIVA Digital – Sebuah kapal selam milik pribadi yang membawa lima orang menyelam di laut dalam menuju bangkai kapal Titanic hilang di dasar Samudra Atlantik pada hari Minggu. Otoritas Amerika Serikat dan Kanada berusaha untuk menemukannya.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Pada Selasa sore, Penjaga Pantai AS memperkirakan bahwa pasokan oksigen darurat kapal dapat bertahan selama 40 jam. Kru yang hilang terdiri dari Hamish Harding, seorang miliarder dan petualang Inggris, Shahzada Dawood, seorang pengusaha Pakistan dan putranya, Suleman, Stockton Rush, Founder and CEO OceanGate Expeditions dan Paul-Henri Nargeolet, pilot kapal selam Prancis.

Titan adalah kapal selam penelitian dan survei yang berpenumpang lima orang, dimiliki dan dioperasikan oleh OceanGate -sebuah perusahaan swasta yang menyediakan kapal selam untuk keperluan komersial, penelitian dan militer, menurut situs web-nya.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Ini dirancang untuk membawa hingga lima orang, biasanya terdiri dari seorang pilot dan empat awak. Dibangun untuk menyelam hingga kedalaman 13.123 kaki (4.000 meter) dan melaju dengan kecepatan 3 knot (3,5 mph, atau 5,6 km/jam), kapal ini memiliki panjang 22 kaki (6,7 m) dan berat 23.000 pound (10.400 kilogram).

Sebagian besar operator kelautan utama mengikuti standar yang ditetapkan oleh badan klasifikasi kapal, meskipun tidak ada persyaratan hukum untuk meminta klasifikasi.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Titan adalah kapal yang dibuat khusus yang desainnya tidak diklasifikasikan. Terbuat dari titanium dan serat karbon filamen, submersible dibaut dari luar. Ini berarti kru di dalam tidak dapat membukanya —untuk dikeluarkan, tim di permukaan harus membuka segel palka.

Submersible memiliki empat pendorong listrik yang dikemudikan dengan pengontrol Logitech. OceanGate juga menggunakan teknologi satelit Starlink milik Elon Musk selama operasi penyelamannya.

Titan memiliki banyak metode untuk turun dan kembali ke permukaan, termasuk baling-baling -tangki apung yang dibanjiri air atau diisi udara dan bobot yang dapat dijatuhkan untuk memberikan daya apung positif.

Kapal selam Titan.

Photo :
  • OceanGate

Anggota kru dapat melihat ke luar kapal dan ke kegelapan laut dalam berkat serangkaian lampu, pemindai laser dan sonar, serta kamera yang dipasang secara eksternal.

Penumpang juga dapat melihat keluar langsung dari viewport Titan, jendela tahan tekanan dengan diameter internal 12,3 inci (31,2 cm), menjadikannya viewport terbesar dari setiap kapal selam berawak deep-diving , menurut OceanGate.

Sensor tekanan di kapal selam memantau integritas struktural lambungnya, yang dapat menentukan apakah lambungnya dikompromikan dengan baik sebelum situasi mengancam jiwa, dan memungkinkan kapal untuk dengan aman kembali ke permukaan.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang terjadi pada Titan, meskipun para ahli telah menyarankan sejumlah skenario potensial tentang bagaimana itu bisa hilang, termasuk mati listrik, lambung pecah, kondisi cuaca buruk, atau kapal selam tersangkut di bagian reruntuhan Titanic.

Stefan B. Williams, seorang profesor di Australian Centre for Field Robotics di University of Sydney, menyatakan bahwa skenario terburuk adalah Titan mengalami kegagalan yang sangat besar pada rumah tekanannya.

Meskipun lambung komposit Titan dibangun untuk menahan tekanan yang intens, tekanan laut dalam, cacat apa pun dalam bentuk atau bangunannya dapat membahayakan integritasnya —dalam hal ini ada risiko ledakan.

Ada juga potensi kebakaran di kapal, yang kemungkinan dari korsleting listrik dan itu bisa menghentikan kerja sistem elektronik kapal selam, menurut lama Live Science, Rabu, 21 Juni 2023.

Kapal pendukung kehilangan kontak dengan kapal selam yang dibuat khusus kira-kira 1 jam 45 menit setelah 2,5 jam turun ke bangkai kapal Titanic, yang terletak 12.500 kaki (3.800 m) di bawah permukaan dan sekitar 900 mil (1.500 kilometer) timur Cape Cod, kata Penjaga Pantai AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya