Ketahui, Ini 5 Contoh Bioteknologi Modern

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Bioteknologi modern mengacu pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melibatkan penggunaan organisme hidup atau komponen biologis untuk menghasilkan produk atau proses yang bermanfaat secara komersial, medis, atau lingkungan.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Bioteknologi modern berfokus pada penggunaan teknologi terkini dan inovatif, seperti rekayasa genetika, teknik kloning, analisis DNA, bioproses, dan lainnya.

Pengertian Bioteknologi

Photo :
Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Bioteknologi modern melibatkan manipulasi genetik dan gen, sehingga memungkinkan para ilmuwan dan peneliti untuk memodifikasi organisme hidup, baik itu tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme, agar memperoleh sifat-sifat baru atau meningkatkan kinerja mereka.

Berikut beberapa contoh bioteknologi modern, seperti dilansir berbagai sumber:

Terawangan Paranormal Dayak Soal Kematian Stevie Agnecya: Memang Benar Ada Kiriman Santet

1. Produksi Insulin Melalui Rekayasa Genetika

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp

2. Terapi Gen

Bioteknologi modern telah mengembangkan teknik terapi gen yang memungkinkan pengobatan penyakit genetik. Teknik ini melibatkan pengenalan atau penggantian gen yang tidak normal dengan gen yang sehat dalam sel manusia untuk memperbaiki kondisi genetik yang mendasarinya.

3. Produksi Enzim

Bioteknologi Modern telah digunakan untuk menghasilkan enzim secara massal melalui mikroorganisme rekayasa. Enzim yang dihasilkan ini digunakan dalam berbagai industri, seperti industri pangan, industri deterjen, dan industri farmasi.

4. Pengembangan Tanaman Transgenik

Melalui rekayasa genetika, bioteknologi modern telah memungkinkan pengembangan tanaman transgenik yang memiliki sifat-sifat yang diinginkan.

Contohnya adalah tanaman yang tahan terhadap serangan hama, toleran terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem, atau tanaman yang menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi.

5. Teknik Kloning

Bioteknologi modern juga telah mengembangkan teknik kloning dan rekayasa jaringan, yang memungkinkan reproduksi aseksual organisme atau pembuatan jaringan dan organisme baru dari sel-sel individu.

Teknik ini memiliki berbagai aplikasi, termasuk reproduksi hewan langka atau terancam punah, produksi tanaman dengan kualitas yang unggul, dan pengembangan jaringan manusia dalam rangka penelitian medis dan pengobatan regeneratif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya