Gara-gara Logo, Apple Gugat Perusahaan Buah

Apple gugat perusahaan buah di Swiss
Sumber :

Amerika –Perusahaan digital raksasaa Apple menggugat sebuah perusahaan buah-buahan yang telah berdiri 111 tahun bernama The Fruit Union Suisse. Gugatan dilayangkan Apple  karena perusahaan buah itu memiliki logo yang mirip.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gugat Dewas ke PTUN, Sebut Kasusnya Expired

The Fruit Union Suisse diketahui telah memiliki logo apel merah dengan salib putih yang menandakan bendera nasional Swiss.

Fruit Union Suisse mengatakan, Apple tidak hanya menggugat logo apel merek dagangnya, tetapi juga ingin mendapatkan hak eksklusif atas semua penggambaran apel yang sebenarnya.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple telah ada di sini sebelumnya, dan akan ada lagi sebagai pemilik merek dagang. Apple diharuskan untuk mengikuti semua tantangan untuk merek terkenalnya. 

Logo Apple.

Photo :
  • Yahoo Finance
Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Itu mudah dilihat dalam kasus pelanggaran yang disengaja, tetapi kurang begitu dengan kemiripan yang kebetulan atau bahkan sulit ditemukan di antara logo.

Dalam situs Wired, Apple melanjutkan pertarungan enam tahun melawan Fruit Union Suisse, sebuah asosiasi yang telah mempromosikan kepentingan petani buah Swiss selama lebih dari 100 tahun. 

Direktur Fruit Union Suisse Jimmy Mariethoz mengatakan bahwa, setidaknya untuk sebagian besar waktu itu, telah menggunakan logo buah apel merah dengan salib putih di atasnya.

“Kami kesulitan memahami (kasus dengan Apple) ini, karena mereka tidak berusaha melindungi apel yang digigit,” kata Mariethoz, dikutip dari Wired, Senin, 26 Juni 2023. 

“Tujuan mereka di sini adalah benar-benar untuk memiliki hak atas apel yang sebenarnya, yang, bagi kami, adalah sesuatu yang benar-benar hampir universal... yang seharusnya gratis untuk digunakan semua orang. Kami khawatir bahwa setiap representasi visual dari sebuah apel, jadi apapun yang bersifat audiovisual atau terkait dengan teknologi baru atau media - berpotensi terkena dampaknya,” lanjut Mariethoz.

Logo Disebut Mirip, Apple Gugat Organisasi Petani Buah yang Sudah Ada Sejak 1912

Photo :
  • Instagram

Meskipun benar bahwa asosiasi tersebut telah lama menggunakan logo apel merah dengan tanda cross putih, perusahaan merevisinya pada tahun 2011 untuk merayakan 100 tahun grup tersebut.

Dapat diperdebatkan apakah logo saat ini cukup mirip dengan Apple sehingga konsumen dapat bingung, tetapi jauh lebih mirip dengan Apple daripada sebelum 2017.

Pada tahun 2017, Apple mengajukan permohonan ke Swiss Institute of Intellectual Property (IPI) untuk meminta hak atas apa yang Wired gambarkan sebagai penggambaran apel Granny Smith hitam-putih yang realistis. 

Perhatikan bahwa Fruit Union Suisse tampaknya secara eksklusif menggunakan logo merah, tetapi mungkin juga menggunakannya dalam dokumentasi yang dilakukan hanya dengan pencetakan dua warna, menjadikannya hitam dan putih.

Aplikasi IP 2017 harus menentukan penggunaan, dan Apple mengirimkan daftar ekstensif yang berpusat pada barang konsumen digital dan elektronik.

IPI dilaporkan memberi Apple kemenangan parsial pada akhir 2022, mengatakan bahwa perusahaan hanya dapat memiliki hak atas kategori tertentu yang diajukan. Apple sekarang menarik untuk memenangkan sisa hak.

Sejauh ini IPI telah merilis penggunaan merek dagang apa yang ditolak Apple, mengatakan bahwa kasus tersebut masih dalam peninjauan.

Tidak jelas apakah Fruit Union Suisse sekarang memilih untuk berkomentar di depan umum, atau tepatnya di bawah kategori merek dagang mana asosiasinya mungkin melanggar Apple.

Namun, Wired mencatat bahwa Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia mengatakan Apple telah membuat sejumlah permintaan merek dagang serupa di seluruh dunia.

Dalam kasus sebelumnya terhadap Siapkan pada tahun 2021, perusahaan merevisi logonya untuk mengakhiri apa yang disebut taktik "intimidasi" dari Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya