'Menjual' Keunikan Lewat Platform Digital

Ilustrasi media sosial/platform digital.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta – Pemerintah terus berupaya mempromosikan pariwisata dalam negeri. Salah satunya melalui pengembangan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sesuai arahan Presiden Joko Widodo, di mana telah menginstruksikan untuk fokus dalam pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary, mengaku jika salah satu yang bisa dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan para pelaku pariwisata adalah turut mempromosikan potensi lain yang ada di daerah mereka.

"Promosi desa wisata, misalnya," kata dia, dalam keterangan resminya, Jumat, 30 Juni 2023. Menurut Septriana, perlu disertai dengan promosi yang optimal dengan ragam aktivitas wisata dan nilai-nilai budaya setempat agar menjadi daya tarik wisatawan agar merasa betah dan tertarik berkunjung kembali.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Salah satu destinasi super prioritas yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang tidak hanya dikenal lewat kekayaan budaya yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara, tetapi juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman menarik dan interaksi dengan setiap keunikan masing-masing wilayah.

Kemudian, mempromosikan desa wisata juga bisa dilakukan lewat berbagai platform digital. Mulai dari Konten yang menarik, informatif, tentang paket wisata yang bisa diakses oleh wisatawan, sampai tentunya konten tersebut harus bisa memberikan berbagai informasi tentang jenis wisata baik alam, budaya, atau buatan.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

"Jadi, wisatawan sebelum datang sudah tahu terlebih dahulu, apa saja yang bisa dieksplor di daerah yang mau dikunjungi," ungkap Septriana.

Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, menekankan soal pentingnya kolaborasi dari para desa atau kampung wisata sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain.

"Kita punya kampung wisata, namun saat ini fokusnya adalah bagaimana menjadi kawasan yang tidak berdiri sendiri. Ketika kita menjahitnya, maka wisatawan bisa seharian menghabiskan waktu dengan pengalaman yang berbeda-beda," ujarnya.

Desa-desa dan kampung wisata yang ada di Yogyakarta, menurut GKR Bendara masih lebih fokus di daerah masing-masing dan kurang bersinkronisasi dengan lainnya.

“Jangan lihat apa yang tidak dipunya, tetapi kita lihat potensi apa yang dimiliki. Karena apa yang terlihat biasa dilihat sehari-hari, bisa menjadi potensi dan keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya,” tegas Bendara.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie, mengingatkan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para pengelola desa wisata di Yogyakarta. Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi poin penting dari desa wisata.

"Unique selling point. Jadi tiap desa wisata pasti ada, namun memang harus sabar dan jangan duplikasi. Lalu, produk dan pengalaman yang berkualitas. Terakhir, yang juga tak kalah penting adalah sustainable tourism, yakni keberlangsungan dari pembangunan desa wisata yang akan sangat berpengaruh ke masyarakat sekitar,” papar Bobby.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya