Tiada Lagi Debt Collector Tagih Pinjol

Ilustrasi fintech.
Sumber :
  • Entrepreneur

VIVA Tekno – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melarang debt collector untuk melakukan tagihan pinjaman online (pinjol) ke keluarga debitur. Lembaga telah mengatur SOP terkait sistem penagihan, jadi tidak lagi boleh sembarangan. 

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Ada beberapa hal yang diatur. Pertama terkait identitas resmi di mana penagih harus menunjukannya. Debitur bisa menolaknya jika debt collector tidak memiliki surat penugasan. 

Mereka juga dilarang untuk melakukan penagihan dengan kata-kata mengancam, mempermalukan debitur, menggunakan kekerasan fisik atau verbal hingga melakukan peneroran. 

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Credgenics, penyedia utama platform teknologi penagihan pinjaman berbasis SaaS memiliki solusi penagihan hutang melalui sistem digital. Fintech lending Investree jadi salah satu perusahaan yang menggunakan jasa inovatif tersebut. 

Dengan memfasilitasi proses penagihan pinjaman secara digital, berbasis data, dan berpusat pada pelanggan di Investree, Credgenics wkan membantu membentuk masa depan dan meluncurkan cara baru digitalisasi penagihan di Indonesia.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

"Kurangnya sistem digitalisasi dan ketergantungan pada proses penagihan pinjamanan secara manual berbasis kertas, mengakibatkan rendahnya produktivitas tim dan biaya yang besar pada perusahaan," kata Rishabh Goel, Co-Founder and CEO Credgenics di Jakarta, Jumat, 7 Juli 2023.

Digitalisasi penagihan hutang jadi sangat penting untuk mendapatkan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi, kelincahan bisnis yang berkelanjutan, dan peningkatan mitigasi risiko kredit. 

Ilustrasi pinjaman online.

Photo :

Dengan kerjasama ini, platform penagihan pinjaman berteknologi AI dari Credgenics akan berintegrasi dengan ekosistem pinjaman Investree untuk memungkinkan proses digital yang mulus di seluruh siklus penagihan pinjaman ritel end-to-end. 

Investree akan memanfaatkan berbagai modul Credgenics dan kemampuan strategis berwawasan dalam komunikasi digital omni-channel yang dikombinasikan dengan voice bot dan dialer prediktif (sistem pemanggilan otomatis berdasar waktu yang tepat). 

Platform penagihan terintegrasi Credgenics akan melayani berbagai kebutuhan tim yang berbeda, sehingga mampu menghasilkan efisiensi biaya, visibilitas operasional, dan transparansi hasil.

Di lain pihak, aplikasi CG Collect Credgenics memungkinkan pelacakan petugas lapangan secara real time, navigasi berbasis peta, tanda terima digital, multibahasa antarmuka, dan geo-fencing untuk memberikan efisiensi operasional yang lebih tinggi dalam pengumpulan utang. 

Platform pengumpulan Credgenics memungkinkan pemberi pinjaman untuk mengaudit operasi secara ekstensif, memastikan adopsi peraturan dengan lebih cepat, dan mengubah pengalaman peminjam. 

Integrasi ini akan memungkinkan Credgenics memanfaatkan jangkauan luas Investree untuk membantu bank, MFC, dan pemberi pinjaman fintech dalam menata ulang pendekatan mereka terhadap penagihan pinjaman.

"Investree Indonesia telah memfasilitasi pinjaman senilai Rp21,30 triliun, dan kami berkomitmen untuk menyediakan solusi pinjaman yang inovatif dan mudah diakses oleh usaha kecil dan menengah," ujar Co-Founder and CEO Investree Indonesia, Adrian Gunadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya