Serap Ilmu Sebanyak-banyaknya, Praktikkan di Dunia Kerja

Ilustrasi dunia kerja.
Sumber :
  • Unsplash

Jakarta – Berdasarkan riset bertajuk ‘Women in the Workplace’ (2018-2021), McKinsey menyatakan bahwa kepemimpinan perempuan mampu menciptakan organisasi yang lebih sehat, egaliter, serta menghasilkan keputusan yang komprehensif dan inklusif karena melihat dari berbagai aspek.

Tiga BUMN Ini Kolaborasi Perluas Layanan Pengujian Berstandar Internasional

Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN menegaskan kepemimpinan perempuan akan semakin ditingkatkan di perusahaan-perusahaan pelat merah. Hal ini disebut menjadi salah satu upaya yang tengah digenjot pihaknya dalam transformasi BUMN.

Tahun lalu, kepemimpinan perempuan di jajaran direksi BUMN mencapai 15 persen dari target 25 persen. Hasil transformasi ini menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan selama ini sudah berada di jalur yang benar, dan perlu dilanjutkan agar BUMN dapat menjalankan perannya sebagai value creator dan agent of development lebih optimal.

Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

Ilustrasi perempuan membaca pesan dari ponsel.

Photo :
  • JTBC
BNI Cetak Laba Bersih Rp 5,33 Triliun pada Kuartal I-2024

Hal tersebut juga dilakukan PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN. Menurut Direktur PTPN XII Siwi Peni, keterwakilan perempuan diharapkan bisa berdampak signifikan bagi pembangunan sektor perkebunan.

Menurutnya, perempuan dapat diandalkan untuk menempati posisi-posisi strategis di perusahaan seperti BUMN. “Karena perempuan itu kan cenderung multitalenta. Mereka juga mampu bekerja profesional,” kata dia, dalam keterangan resminya, Jumat, 14 Juli 2023.

Untuk itulah, BUMN Perkebunan tersebut menggelar 'Srikandi BUMN Goes to Campus' di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat yang menjadi ajang membangun jaringan dan kolaborasi antara mahasiswi dan perempuan yang berkarya di BUMN.

Siwi mengungkapkan, Srikandi BUMN bertujuan untuk memberikan wadah bagi perempuan yang ingin berkarya di BUMN, serta menjadi momentum penting untuk mendorong partisipasi perempuan dalam dunia pemerintahan dan BUMN.

Dalam momen ini pula, ia memperkenalkan program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) BUMN, yakni program magang terpadu bagi santri, mahasiswa, dan lulusan perguruan tinggi untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat dengan cara mempraktikkan langsung di dunia kerja.

"Jadi mereka mendapatkan tambahan pengetahuan serta kemampuan tentang standar kerja profesional di BUMN. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka menjadi karyawan di kemudian hari," ungkap Siwi.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura Garuda Wiko berharap kehadiran 'Srikandi BUMN Goes to Campus' memberikan inspirasi dan motivasi, serta memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai profil BUMN, khususnya PTPN. "Semoga para mahasiswa-mahasiswi terinspirasi dengan nilai yang dikembangkan oleh BUMN, dan mereka bisa melihat dunia lebih luas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya