Perdana, Indonesia Kirim 7 Orang ke Pokemon World Championship di Jepang

Pokemon World Championships 2023 Yokohama, Jepang.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Indonesia mengirimkan tuju perwakilan dalam turnamen internasional Pokemon World Championships 2023 yang akan digelar di Yokohama, Jepang pada 11 hingga 13 Agustus 2023 mendatang.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Ketujuh perwakilan Indonesia tersebut akan bertarung di salah satu cabang yang paling dinantikan oleh para pecinta Pokemon yakni Pokemon Trading Card Game (TCG) atau Pokemon Game Kartu Koleksi.

Untuk diketahui Pokemon World Championships telah diselenggarakan sejak 19 tahun lalu, pertama kali di Orlando, Florida. Saat itu, satu-satunya cabang permainan yang dipertandingkan hanya Pokemon Game Kartu Koleksi.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Baru pada tahun-tahun berikutnya, sejumlah cabang lain bermunculan, seperti Pokemon GO, Pokemon UNITE, video game Pokemon Scarlet dan Pokémon Violet, Nantinya semua cabang tersebut akan dipertandingkan dalam Pokemon World Championship 2023.

Tidak bisa diikuti sembarang peserta

Untuk mengikuti kejuaraan ini peserta harus memiliki undangan resmi. Sistem undangan ini dilakukan untuk menyaring pemain dengan prestasi terbaik di ajang turnamen sebelumnya, atau punya peringkat kemenangan tertentu yang ditentukan oleh sistem pengumpulan poin.

Peraturan ini diberlakukan untuk memastikan pertandingan dalam kejuaraan dunia Pokemon ini benar-benar menghadirkan para pemain terbaik dari seluruh dunia.

Pertama kali Indonesia ikut serta

Pada tahun ini Indonesia pertama kalinya mengirim perwakilan dalam kompetisi Kejuaraan Dunia Pokemon Trading Card Game (TCG) atau Pokemon Game Kartu Koleksi.

Pokemon

Photo :
  • U-Report

Para perwakilan dari Indonesia ini merupakan pemain terlatih yang telah berhasil mengumpulkan banyak poin dalam rangkaian turnamen resmi kartu Pokemon di sepanjang 2022-2023 dan juga Championship Indonesia 2023 pada bulan Mei lalu. 

Keikutsertaan tujuh perwakilan Indonesia menunjukkan perkembangan pesat antusiasme pecinta Pokemon Indonesia dan potensi para pemainnya untuk bersaing di tingkat internasional. 

Adya selaku pemain Pokemon TCG yang nanti akan bertarung di Pokemon World Championships 2023 mengaku sangat banga bisa meraih kesempatan ini. "Ini adalah bukti nyata bahwa hobi bisa menjadi prestasi, dan komunitas Pokemon di Indonesia berharap ini menjadi langkah awal bagi pemain Indonesia untuk menjadi pemenang dalam Kejuaraan Dunia Pokemon," kata Adya dalam keterangan tertulis, Jumat 14 juli 2023 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya