Juli Jadi Bulan Terpanas Dalam Sejarah Sejak 120 Ribu Tahun

Dasht-e Lut, kawasan paling panas di seluruh permukaan Bumi.
Sumber :
  • xjoss.com

VIVA Digital – Juli "sangat mungkin" menjadi bulan terpanas dalam catatan global, kata Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa dan Organisasi Meteorologi Dunia, dilansir dari DW, Jumat, 28 Juli 2023. 

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

"Kita tidak perlu menunggu akhir bulan untuk mengetahui hal ini. Seperti dari Zaman Es mini selama beberapa hari ke depan, Juli 2023 akan memecahkan rekor secara keseluruhan," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

“Era pemanasan global telah berakhir, era pendidihan global telah tiba,” lanjut Guterres.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Dasht-e Lut, kawasan paling panas di seluruh permukaan Bumi.

Photo :
  • xjoss.com

Menurut laporan tersebut, suhu selama 23 hari pertama bulan Juli rata-rata 16,95 derajat Celcius (62,51 Fahrenheit), jauh di atas rekor sebelumnya 16,63 derajat Celcius (61,93 Fahrenheit) yang ditetapkan pada Juli 2019.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

6 Juli juga merupakan hari terpanas secara global, mengalahkan rekor suhu sebelumnya 16,80 derajat Celcius pada 13 Agustus 2016. Setiap hari sejak 3 Juli lebih panas dari rekor Agustus.

Data tersebut muncul setelah Juni ditetapkan pada rekor untuk bulan terpanas yang pernah ada.

Juli mungkin yang terpanas dalam 120.000 tahun

Layanan Iklim Global mengatakan suhu bumi untuk sementara telah melampaui ambang batas 1,5 derajat Celcius, di atas tingkat pra-industri. “Cuaca ekstrem yang telah mempengaruhi jutaan orang di bulan Juli sayangnya adalah kenyataan pahit dari perubahan iklim dan gambaran masa depan,” kata Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia Petteri Taalas.

"Kebutuhan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca lebih mendesak daripada sebelumnya. Aksi iklim bukanlah kemewahan tetapi suatu keharusan," kata Taalas.

Angka yang menjadi tujuan Paris Agreement atau Perjanjian Paris tersebut merupakan indikator titik di mana dampak iklim menjadi semakin berbahaya bagi manusia dan seluruh planet. 

Paris Agreement adalah perjanjian yang berisi upaya untuk membatasi kenaikan suhu global sampai di angka minimum 1,5º Celcius, dan di bawah 2º Celcius untuk tingkat praindustri. Mengurangi tingkat emisi gas rumah kaca dan aktivitas serupa, guna meminimalkan emisi gas serta mencapai target emisi net zero atau nol bersih

Carlo Buontempo, direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus (C3S) mengatakan "sangat mungkin" bahwa Juli 2023 akan menjadi rekor terpanas berdasarkan analisis sejak tahun 1940.

Di luar catatan resmi, Buontempo mengatakan data proksi iklim, dimaksudkan bagi para ilmuwan untuk menentukan pola iklim sebelum pencatatan dimulai pada tahun 1880-an, menunjukkan bahwa suhu pada periode tersebut "belum pernah terjadi sebelumnya" dalam sejarah.

Bahkan mungkin lebih lama lagi "di urutan 100.000 tahun," kata analisis yang dllakukan oleh Universitas Leipzig Jerman juga menemukan bahwa Juli 2023 akan memecahkan rekor panas.

Presiden AS Joe Biden pada Kamis juga mengumumkan langkah-langkah baru untuk melindungi pekerja saat gelombang panas besar melanda Barat Daya AS.

Itu termasuk peringatan bahaya yang memberi tahu pemberi kerja dan karyawan tentang cara untuk tetap terlindung dari panas ekstrem serta langkah-langkah untuk membuat air minum lebih mudah diakses.

"Bahkan tempat-tempat yang terbiasa dengan panas ekstrem belum pernah melihatnya sepanas sekarang," kata Biden.

Hampir 40% populasi AS menghadapi peringatan panas, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Berita itu muncul saat cuaca ekstrem melanda planet ini, dengan gelombang panas di Eropa, Amerika Utara, dan Asia serta kebakaran hutan di Kanada dan Yunani. Sementara rekor curah hujan dan banjir melanda Korea Selatan, Jepang, India dan Pakistan.

Panas juga diperparah oleh El Nino, yang berasal dari perairan hangat yang tidak biasa di Pasifik timur dan menyebabkan suhu yang lebih hangat di seluruh dunia.

Meski dampak El Nino diperkirakan akan mencapai puncaknya akhir tahun ini hingga 2024, El Nino sudah mulai meningkatkan suhu, kata para ilmuwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya