Jadi Tulang Punggung Perusahaan, Ini Formula yang Bikin Vendor Puas

Situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Sumber :
  • lkpp.go.id

Jakarta – Holding Perkebunan Nusantara, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengusung beragam formula dalam menjalin dan meningkatkan kemitraan terhadap perusahaan penyedia barang dan jasa di seluruh Indonesia.

OJK Rilis POJK Atur Penyelesaian Transaksi Efek dan Short Selling hingga Ketentuan Sanksi

Hasilnya, ribuan perusahaan vendor yang bermitra dengan PTPN III (Persero) tersebut menyatakan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Bahkan, kemitraan yang terjalin terhadap sejumlah perusahaan vendor berjalan langgeng hingga lebih dari lima tahun.

Direktur Utama PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, sepanjang tiga tahun terakhir, rata-rata kepuasan penyedia barang dan jasa di PTPN Group mencapai 86 persen.

Intip Arti Kesuksesan bagi Presiden Direktur P&G Indonesia

Tidak hanya itu, keterikatan pemasok yang bermitra dengan PTPN I hingga PTPN XIV juga menyentuh angka rata-rata di 82 persen dan loyalitas mencapai 81 persen.

"Bagi kami, persentase tingkat kepuasan itu bukan angka semata, namun, lebih kepada bukti bahwa kami terus berupaya menjaga dan meningkatkan komitmen tinggi untuk bermitra secara positif bersama rekan-rekan perusahaan penyedia barang dan jasa," kata dia, dalam keterangan resminya, Sabtu, 29 Juli 2023.

Praktisi Tegaskan Karyawan Harus Jadi Prioritas Utama Penerima Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Ia memaparkan strategi yang diusung meliputi transparansi, akuntabilitas, dan keterbukaan. Selain itu, BUMN Perkebunan ini terus berupaya menciptakan iklim bersaing secara adil dan tidak diskriminatif serta melakukan evaluasi pascapengadaan.

Selanjutnya, dalam proses pengadaan, perusahaan turut berupaya meningkatkan keterikatan, loyalitas, serta image perusahaan berdasarkan skoring dan penilaian dari penyedia barang dan jasa.

Ghani juga mengaku turut melakukan pendekatan teknologi melalui Integrated Procurement System (IPS) atau e-Procurement.

Pendekatan itu membuat operasional pengadaan menjadi lebih efisien, transparan, meningkatkan produktivitas, mencegah kesalahan serta mengakselerasi transaksi antara perusahaan dan vendor.

Menurutnya, langkah-langkah perbaikan menjadi hal mutlak untuk dilakukan dalam menjaga dan meningkatkan kemitraan tersebut mengingat vendor dan PTPN Grup adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan dalam mendukung transformasi perusahaan.

Ghani pun menekankan berdasarkan demografi vendor yang bermitra dengan PTPN Group, di mana mayoritas mereka telah bermitra di atas lima tahun.

“Lima puluh persen lebih perusahaan barang dan jasa yang bermitra dengan PTPN V telah menjalin kemitraan lebih dari lima tahun," tegasnya.

Di sisi lain, Ghani mengakui bahwa ribuan perusahaan barang dan jasa yang bermitra dengan PTPN Group bagian dari roda penggerak ekonomi di masing-masing daerah.

"Saya percaya bahwa transformasi PTPN Group itu tak lepas dari peran dan dukungan dari teman-teman vendor. Mereka tulang punggung perubahan perusahaan," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya