Ilmuwan Umumkan Penemuan Hewan Terbesar dan Terberat di Bumi

Perucetus colossus.
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Tekno – Para ilmuwan di Peru telah mengumumkan hewan terberat dan terbesar yang pernah hidup dalam sejarah Bumi.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Sebelumnya, paus biru adalah hewan yang memegang gelar ini, hingga para peneliti mengatakan bahwa fosil makhluk yang digali di Peru bernama Perucetus Colossus dapat menjadi hewan terberat di Bumi yang pernah ada.

Paus awal, yang hidup sekitar 38-40 juta tahun yang lalu selama zaman Eosen, berbentuk seperti hewan manatee dan kemungkinan panjangnya sekitar 20 meter.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Beratnya mencapai 340 metrik ton, massa yang melebihi hewan lain yang dikenal termasuk paus biru saat ini dan dinosaurus terbesar.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Perucetus colossus

Photo :
  • Al Jazeera

Nama ilmiah paus ini berarti “Paus Peru Kolosal".

"Ciri utama dari hewan ini tentu saja beratnya yang ekstrem, yang menunjukkan bahwa evolusi dapat menghasilkan organisme yang memiliki karakteristik yang melampaui imajinasi kita,” kata paleontolog Giovanni Bianucci dari University of Pisa di Italia, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nature.

Perkiraan massa minimum Perucetus adalah 85 ton, dengan perkiraan rata-rata mencapai 180 ton. Paus biru terbesar yang diketahui memiliki berat sekitar 190 ton, meskipun lebih panjang dari Perucetus dengan panjang 33,5 meter.

Kerangka parsial Perucetus ditemukan lebih dari satu dekade lalu oleh Mario Urbina dari Museum Sejarah Alam Universitas San Marcos di Lima, Peru.

Sebuah tim internasional menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menggali mereka dari sisi lereng berbatu yang curam di gurun Ica, sebuah wilayah di Peru yang dulunya berada di bawah air dan terkenal dengan fosil lautnya yang kaya.

Hasilnya: 13 tulang belakang dari tulang punggung paus, empat tulang rusuk dan satu tulang pinggul. Tulangnya, luar biasa tebal, sangat padat dan padat.

Tulang-tulang yang sangat padat itu menunjukkan bahwa paus itu mungkin menghabiskan waktunya di perairan pantai yang dangkal, kata para penulis.

Hewan pesisir lainnya, seperti manatee dan dugong, yang dikenal sebagai sirene, memiliki tulang yang berat untuk membantu mereka tetap dekat dengan dasar laut.

Tidak ada sisa tengkorak atau gigi yang ditemukan, membuat interpretasi pola makan dan gaya hidupnya menjadi lebih sulit. Para peneliti menduga Perucetus hidup seperti sirene, bukan predator aktif tetapi hewan yang mencari makan di dekat dasar perairan pantai yang dangkal.

“Karena kerangkanya yang berat dan, kemungkinan besar, tubuhnya yang sangat besar, hewan ini jelas merupakan perenang yang lamban. Ini tampak bagi saya, pada tahap pengetahuan kita ini, sebagai sejenis raksasa yang damai, agak mirip manatee berukuran super. Itu pasti hewan yang sangat mengesankan, tapi mungkin tidak terlalu menakutkan,” kata ahli paleontologi Olivier Lambert dari Institut Ilmu Pengetahuan Alam Kerajaan Belgia di Brussels.

Ciri-ciri kerangka menunjukkan Perucetus berkerabat dengan Basilosaurus, paus awal lainnya yang memiliki panjang yang sama tetapi kurang masif. Basilosaurus, bagaimanapun, adalah predator aktif yang memiliki tubuh ramping, rahang kuat, dan gigi besar.

"Sangat menyenangkan melihat hewan raksasa yang sangat berbeda dari apa pun yang kita ketahui,” kata Hans Thewissen, ahli paleontologi di Northeast Ohio Medical University yang tidak berperan dalam penelitian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya