Fitur Milik Apple Cegah Kebakaran Hutan Makin Meluas

Fitur panggilan darurat melalui satelit iPhone 14.
Sumber :
  • Mac Rumors

VIVA Tekno – Kebakaran hutan di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat (AS) memaksa masyarakat setempat dievakuasi karena api yang terus meluas.

Ini 3 Fitur Favorit Pengguna Galaxy AI

Sekelompok warga Kanada di Missanabie, Ontario, baru-baru ini memanfaatkan fitur SOS iPhone 14 melalui satelit untuk memanggil layanan darurat.

SOS Darurat dengan fitur satelit dirancang untuk memungkinkan pesan darurat dikirim, bahkan ketika koneksi seluler dan WiFi tidak tersedia.

Wuling Cloud EV Sudah Bisa Dipesan, Segini Harganya

Konektivitas satelit tersedia untuk digunakan kapan pun saat pengguna berada di luar jangkauan WiFi atau seluler dan perlu mengirim pesan darurat.

Apple mengatakan bahwa alat itu dirancang untuk digunakan di ruang terbuka dengan garis pandang yang jelas ke langit. Kinerja dapat terpengaruh jika ada pohon atau bangunan di dekatnya.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Panggilan telepon tidak dapat dilakukan menggunakan fitur SOS melalui Satelit, namun pengguna masih dapat mengirim pesan teks singkat.

Alat ini bisa digunakan dalam situasi darurat seperti ketika seorang petualang tersesat atau terluka. Peristiwa ini juga menandai bahwa fitur praktis tersebut bisa dimanfaatkan dalam upaya pemadaman kebakaran.

Ilustrasi kebakaran hutan.

Photo :
  • Istimewa

Warren Thibodeau dan Orel Crack, bersama petugas pemadam kebakaran setempat Craig Spooner, memulai ekspedisi yang berani untuk memerangi kebakaran pulau. Mereka berlayar menuju pulau yang berkobar, tanpa lelah menyemprotkan air hingga api padam.

Upaya gagah berani mereka didukung oleh Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan (MNRF) yang tiba segera setelah dihubungi melalui fitur satelit, menurut situs Gizmochina, Kamis, 3 Agustus 2023.

"Fitur darurat GlobalStar baru dari iPhone 14 memfasilitasi komunikasi kami dengan MNRF saat mendekati pulau yang terbakar,” kata Eric Belanger, yang memotret dan membagikan peristiwa tersebut.

Fitur SOS melalui satelit akan tersedia saat sinyal seluler tidak ada. Antarmuka pengguna akan meminta pemilik ponsel untuk mengarahkan iPhone ke satelit terdekat untuk mendapatkan sinyal.

Fitur ini mengumpulkan data tentang insiden yang dilaporkan dan membagikan lokasi pengguna dengan layanan darurat. 

Terlepas dari transfer data yang lambat dan potensi kualitas koneksi yang buruk, itu menawarkan sistem penyelamatan dalam situasi darurat, menggarisbawahi dampak revolusioner teknologi pada keselamatan publik dan manajemen bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya