Geger, Fosil Gading Gajah Purba 800 Ribu Tahun Ditemukan di Sragen

Penampakan fosil gading gajah purba berusia 800 ribu tahun
Sumber :
  • Tiktok

Sragen – Fosil gading gajah purba sepanjang 3,30 meter ditemukan di Desa Ngebung, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Selasa, 1 Agustus 2023 sekitar pukul 07.00 WIB.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dilihat melalui video yang dibagikan akun TikTok @matomantos, fosil gajah purba itu sedang diangkat beramai-ramai oleh warga desa. Dinarasikan fosil gajah itu telah berusia ratusan ribu tahun.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

“Usia gading gajah -+ 700 ribu tahun, detik-detik pengangkatan fosil gading gajah purba, panjang -+3,3 m di Ngebung, Kalijambe, Sragen 2-8-2023” tulis keterangan unggahan, dikutip Jumat, 4 Agustus 2023

Fosil gajah purba itu pertama kali ditemukan oleh warga desa bernama Supardi saat hendak membangun fondasi rumah pada Selasa kemarin sekitar pukul 7 pagi.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Setelah melihat fosil tersebut, Supardi bersama warga lainnya langsung melapor ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran untuk mengevakuasi fosil.

Pada keesokan harinya, Rabu, 2 Agustus 2023 tim BPSMP langsung melakukan penggalian di lokasi penemuan. Mereka menduga usia fosil itu sekitar 800 ribu berdasarkan kedalaman lapisan tanah.

Kepala BPSMP Sangiran, Iskandar Mulia Siregar mengungkap bahwa penemuan fosil gading gajah di wilayah Sangiran cukup sering terjadi.

"Kami akan lakukan konservasi dan identifikasi untuk memastikan jenis dan umur dari fosil itu. Saat ini, fosil berada di laboratorium kami," ujar Iskandar kepada wartawan.

Sejak awal tahun, lanjutnya, sudah ditemukan sekitar sembilan kali fosil gajah purba di kawasan Sangiran. Sehingga, fosil gajah bukan lagi hal yang istimewa sebab sudah sering ditemukan.

Diketahui, kini fosil gajah itu telah diamankan di Museum Klaster Ngebung yang berlokasi tidak jauh dari tempat penemuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya