8 Alasan Mengapa Kucing Tidak Nafsu Makan, Bisa jadi Sakit atau Stres

Ilustrasi kucing makan.
Sumber :
  • Pixabay/NatashaG

VIVA – Ketika kucing berhenti makan, itu bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan atau perubahan perilaku yang tentu akan membuat pemiliknya khawatir. Mengapa kucing tidak nafsu makan? Berikut ini beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kucing tidak nafsu atau berhenti makan yang dilansir dari Newsweek

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

1. Masalah Pencernaan

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • Dok. Wood Green
5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Kucing mungkin tidak nafsu makan setelah mengonsumsi sesuatu yang seharusnya tidak mereka makan, yang bisa terindikasi dengan muntah atau diare. Jika muntah berlanjut dan nafsu makan kucing tidak kembali normal setelah sehari, pemiliknya bisa segera menghubungi dokter hewan.

2. Masalah Gigi

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Lidah Kucing.

Photo :
  • Pixabay/JACLOU DL

Masalah gigi, seperti gigi sakit atau gusi meradang, bisa membuat makan menjadi menyakitkan bagi kucing. Jika kucing hanya mengunyah di satu sisi mulut atau tidak ingin disentuh di area kepala atau mulut, mungkin perlu pemeriksaan gigi.

3. Kucing Sakit

Kucing mencintai pemiliknya.

Photo :
  • Instagram @hilanabekker

Nafsu makan kucing tergantung pada indera penciuman mereka. Jika kucing sedang sakit, terutama dengan masalah pernapasan, mereka mungkin tidak mau makan. Berhenti makan bisa menjadi tanda penyakit serius seperti penyakit ginjal, diabetes, atau masalah pernapasan.

4. Stres

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Twitter @StreetCatBob

Stres dan masalah perilaku lainnya seperti kecemasan dan depresi bisa membuat kucing menjadi tidak nafsu makan. Jika masalah medis stres kucing sudah diatasi, perhatikan pengaturan waktu makan.

5. Keamanan

Ilustrasi kucing

Photo :
  • lifehack

Kucing juga bisa tidak nafsu makan jika lingkungan makan terasa tidak aman. Pastikan tempat makanan tenang dan aman. Posisi mangkuk makan juga dapat memengaruhi rasa aman kucing.

6. Perubahan Lingkungan

Ilustrasi kucing makan

Photo :
  • Pixabay/NatashaG

Perubahan lingkungan juga bisa membuat kucing tidak nafsu makan. Kucing bisa menjadi cemas atau depresi karena perubahan kecil seperti pindah bak pasir atau penggunaan kalung baru.

7. Suhu Makanan

Ilustrasi makanan kucing

Photo :
  • Pixabay/Pic_Panther

Makanan basah yang dihangatkan bisa membantu merangsang makan pada kucing tua. Kucing suka makanan dengan suhu tubuh. Jangan biarkan makanan basah mengering.

8. Kebosanan

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/miezekieze

Kucing juga bisa berhenti makan karena merasa bosan dengan makanan yang sama atau karena kurangnya rangsangan. Sehingga, sementara kamu bisa berikan beberapa pilihan makanan untuk menggugah selera makan mereka lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya