Hati-hati, Cincin Api Akan Muncul di 8 Wilayah Ini

Gerhana Matahari Cincin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA Tekno  – 'Cincin Api' akan muncul di sebagian wilayah Amerika Serikat (AS) saat Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi saat Gerhana Matahari Cincin tahun ini.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Peristiwa kosmik tersebut akan terjadi pada 14 Oktober mendatang yang dimulai pada pukul 12:13 ET di Oregon dan berakhir tiga jam kemudian di Texas, seperti dikutip dari situs Daily Mail, Kamis, 31 Agustus 2023.

Hanya delapan wilayah atau negara bagian AS yang akan terkena Gerhana Matahari. Ke delapannya yaitu Oregon, California, Nevada, Arizona, Utah, New Mexico, dan juga Texas. Peristiwa alam ini juga meluas ke Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Kapan Bumi Kiamat?

Ini akan menjadi yang pertama untuk pertama kalinya dalam 11 tahun Gerhana Matahari Cincin terlihat di Amerika Utara karena sebelumnya hanya terlihat di delapan negara bagian yang sama.

Meskipun gerhana lain menyebabkan Bulan menghalangi cahaya Matahari untuk waktu sementara, satelit alami Bumi itu terlalu jauh dari Bumi pada posisi Gerhana Matahari Cincin.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Artinya, sang Surya diposisikan secara sempurna untuk memungkinkan lingkaran cahaya atau 'api' menerobos guna menghasilkan efek yang spektakuler.

Gerhana Matahari Cincin.

Photo :
  • VIVAnews/Ardian

Lalu ada Gerhana Matahari Total , yang terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, menutupi seluruh permukaan Matahari. Amerika akan menyaksikan hal ini pada tahun 2024.

Gerhana Matahari cincin tahun ini akan berlangsung sepanjang 125 juta dari Oregon hingga Brasil. Saat peristiwa tersebut terjadi, tingkat cahaya diperkirakan berkurang karena Bulan akan menutupi 90 persen Matahari.

Michael Zeiler , kartografer dan pemburu gerhana di GreatAmericanEclipse.com mengatakan bahwa orang yang menggunakan kacamata gerhana akan melihat dengan jelas 'cincin sinar Matahari yang cemerlang' selama gerhana.

Jangan pernah menatap Matahari secara langsung atau menggunakan kacamata hitam standar, karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata.

Melihat Matahari melalui teropong, teleskop atau lensa kamera tanpa filter khusus juga tidak aman. Jadi sebaiknya hindari pengambilan gambar langsung.

Menggunakan proyektor lubang jarum sederhana, kacamata untuk melihat Gerhana Matahari yang dapat dibeli secara online , atau filter khusus merupakan alternatif yang layak di gunakan saat peristiwa astronomi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya