Siapa Bilang Tidak Bisa Jaga Kesehatan di Tengah Udara Buruk?

Ilustrasi olahraga yoga.
Sumber :
  • nydailynews.com

VIVA Tekno – Dengan meningkatnya tingkat polusi udara, mencari cara untuk jaga kesehatan agar tetap bugar di dalam ruangan menjadi semakin penting. Polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, antara lain infeksi saluran pernapasan, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Hal ini juga dapat memperburuk gejala asma dan kondisi paru-paru lainnya. Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan polusi udara menyebabkan sekitar 7 juta kematian setiap tahunnya.

Olahraga penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan tingkat energi.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Tetap bugar dan sehat di dalam ruangan juga dapat membantu mengurangi paparan polusi udara. Ada banyak aktivitas dalam ruangan yang bisa dinikmati orang, seperti yoga, pilates, latihan kekuatan, aerobik, dan menari. Banyak juga olahraga dalam ruangan yang bisa dimainkan orang, seperti bulu tangkis, tenis meja, dan bola basket.

Saat memilih ruang olahraga dalam ruangan, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut: kualitas udara, tingkat kebisingan, suhu, dan ketersediaan peralatan. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan kronis.

WHO: Jika Pasien RS Al Shifa Gaza Tak Dievakuasi, Maka Akan Ada Lebih Banyak Kematian

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari polusi udara adalah dengan menghindari berolahraga di luar ruangan saat kualitas udara buruk. Anda dapat memeriksa indeks kualitas udara (AQI) untuk melihat seberapa tercemarnya udara.

Jika AQI tinggi, sebaiknya berolahraga di dalam ruangan. Ada banyak pilihan olahraga dalam ruangan untuk menjaga kebugaran masyarakat, seperti dikutip dari siaran pers Garmin, Rabu, 30 Agustus 2023:

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • pixabay

    • Latihan kardio sangat bagus untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Cobalah berlari, bersepeda, lompat tali, atau menari

    • Latihan kekuatan membantu membangun otot dan kekuatan. Cobalah angkat beban, lakukan latihan beban tubuh, atau gunakan resistance band.

    • Yoga adalah cara terbaik untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Ada banyak jenis yoga, jadi temukan satu yang Anda sukai.

    • Pilates adalah latihan berdampak rendah yang berfokus pada kekuatan inti. Ini cara yang bagus untuk memperbaiki postur dan fleksibilitas Anda.

    • HIIT adalah latihan interval intensitas tinggi yang melibatkan latihan intens singkat yang diikuti dengan istirahat singkat. Ini cara yang bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda.

    • Tabata adalah jenis latihan HIIT yang melibatkan latihan intensif selama 20 detik diikuti istirahat 10 detik, diulang sebanyak 8 kali. Ini adalah latihan yang sangat menantang, tetapi juga sangat efektif.

Latihan di dalam ruangan sama efektifnya dengan latihan di luar ruangan dan juga lebih nyaman. Anda dapat mengontrol suhu dan kelembaban di ruang olahraga, yang dapat memberikan perbedaan besar jika Anda memiliki alergi atau asma. Anda juga bisa mengenakan pakaian apa pun yang Anda rasa nyaman, tanpa harus khawatir dengan cuaca.

Namun, penting untuk dicatat bahwa olahraga di dalam ruangan pun dapat memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, Anda mungkin tidak mendapatkan udara segar sebanyak jika Anda berolahraga di luar ruangan. Anda mungkin juga akan lebih bosan dengan olahraga di dalam ruangan, karena variasi aktivitas yang bisa Anda pilih lebih sedikit.

Secara keseluruhan, manfaat olahraga di dalam ruangan lebih besar daripada kerugiannya. Jika Anda mencari cara berolahraga yang nyaman, menyenangkan, dan menantang, maka olahraga di dalam ruangan adalah pilihan yang bagus. Berikut beberapa tips menjaga kebugaran dengan melakukan olahraga di dalam ruangan:

    • Tetapkan tujuan yang realistis: Saat pertama kali memulai, penting untuk menetapkan tujuan yang realistis untuk diri Anda sendiri.

    • Variasi adalah kuncinya: Penting untuk memadukan latihan Anda agar tubuh Anda tetap tertantang dan mencegah kebosanan. Cobalah berbagai jenis latihan, seperti kardio, latihan kekuatan, dan yoga. Anda juga dapat mencoba rutinitas latihan yang berbeda, seperti HIIT (latihan interval intensitas tinggi) atau Tabata.

    • Lacak kemajuan Anda: Melacak kemajuan Anda dapat membantu Anda tetap termotivasi dan melihat kemajuan Anda seiring waktu. Anda dapat menggunakan pelacak kebugaran, jurnal, atau spreadsheet sederhana untuk melacak latihan, berat badan, dan sasaran kebugaran Anda.

    • Jangan takut untuk istirahat: Jika Anda merasa lelah atau pegal, ambillah cuti sehari dari berolahraga. Mendorong diri sendiri terlalu keras dapat menyebabkan cedera. Dengarkan tubuh Anda dan istirahatlah saat Anda membutuhkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya