Indonesia Terbuka Investasi 5G

Ilustrasi teknologi 5G.
Sumber :
  • Microwaves & RF

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia terbuka menerima kerja sama investasi untuk pengembangan konektivitas digital 5G sebagai bagian dari penguatan infrastruktur digital nasional.

Sunra Bangun Pabrik Motor Listrik Senilai US$120 Juta, Kemenperin: Iklim Investasi RI Makin Kondusif

Ia mengatakan investasi tersebut bisa berasal dari mana saja dan diharapkan dapat meningkatkan laju transformasi digital nasional yang menjadi visi pemerintah sejak 2021.

"Kami siap bekerja sama dengan para pelopor industri seperti China Mobile, dan para pemangku kepentingan global dan domestik lainnya," kata Budi Arie, dalam siaran pers, Sabtu, 2 September 2023.

Soal Heboh Kasus Nasabah Vs BTN, Begini Kata Pengamat

Hingga awal September, Menkominfo menyebutkan persebaran jaringan 5G di Indonesia baru hadir di 49 kota dan masih banyak potensi untuk dikembangkan.

Ia mengatakan, pada pengembangan inovasi untuk pemanfaatan teknologi 5G, pemerintah berencana menggunakannya sebagai fondasi melakukan revolusi digital di berbagai sektor industri.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Diproyeksi Tumbuh 5,15 Persen, Pemilu hingga Ramadhan Jadi Pendorong

Misalnya, untuk smart underground mining, smart manufacture, dan bedah teleskopik. Menurut Budi Arie, agar lebih optimal, Indonesia membuka peluang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk saling bertukar pengetahuan, berbagi praktik terbaik, dan secara kolektif mengatasi tantangan implementasi teknologi 5G.

Tak lupa Menkominfo mengungkap potensi ekonomi digital Indonesia, meski belum didukung penuh oleh jaringan 5G namun pada masa sulit justru ekonomi digital berkembang pesat.

Ia menegaskan dengan potensi pasar Indonesia yang besar, maka komitmen pemerintah untuk membina lingkungan bisnis dengan para investor untuk teknologi 5G tentunya bersifat positif.

"(Ini) menjadikan Indonesia sebagai tujuan yang menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi dan berinovasi di bidang telekomunikasi," ungkap Budi Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya