Platform Digital Ini jadi 'Sekolah' untuk Perusahaan dan UKM

Schneider Electric.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Schneider Electric memiliki 'sekolah' untuk membantu perusahaan dan usaha kecil menengah (UKM) mengatasi tantangan dasar melakukan transformasi. Namanya Sustainability School, seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis, 7 September 2023.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Sekolah yang dimaksud bukanlah bangunan fisik melainkan platform digital yang dapat diakses secara gratis. Di dalamnya menyediakan berbagai pelatihan interaktif yang bertujuan untuk membekali perusahaan dan para profesional dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sustainability.

Hasil penelitian Schneider Electric terhadap C-level executive dan tenaga profesional pada 2022 menunjukkan bahwa sebagian besar organisasi terkemuka di Asia, termasuk Indonesia menyadari pentingnya memanifestasikan aspek sustainability dalam strategi bisnis perusahaan.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Namun, baru 41 persen yang sudah menerjemahkan strategi sustainability-nya dalam sebuah perencanaan yang jelas dan juga terukur. Hampir 70 persen mengatakan penyebab utamanya adalah kendala internal.

Mulai dari pola pikir, pengetahuan dan budaya perusahaan yang belum mendukung transformasi, serta kurangnya data penunjang membuat perencanaan strategis.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Hal inilah yang melatarbelakangi Schneider Electric memperkenalkan Sustanability School," kata Cluster President Schneider Electric Indonesia and Timor Leste, Roberto Rossi.

Ketika pertama kali diluncurkan, Sustainability School diperuntukkan bagi para karyawan Schneider Electric untuk meningkatkan wawasan dan keahliannya dalam hal sustainability agar dapat mendukung ekosistem mitra perusahaan dengan lebih baik.

Namun, program tersebut kini tersedia secara eksternal untuk para profesional dan perusahaan dari berbagai skala, memfasilitasi kebutuhan mereka dalam mengambil langkah pertama menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

"Sustainability School Schneider Electric adalah platform pelatihan online terbaru yang dirancang untuk mengedukasi dan menginspirasi individu dan organisasi untuk mengadopsi praktik-praktik sustainability yang juga inti dari bisnis kami," jelas Rossi.

Tidak hanya perusahaan, Sustainability School Schneider Electric dapat menjadi platform digital yang tepat bagi UKM untuk belajar, memperoleh pengetahuan dan perangkat yang dibutuhkan untuk menetapkan target iklim, mengukur dampak seperti emisi karbon, serta membandingkan dan mengungkapkan pencapaian sustainability.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya