Seorang Siswi Histeris karena Menemukan Kuburan Paus 40 Juta Tahun

Seorang siswi temukan kuburan paus purba berumur 40 juta tahun.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Seorang siswi di Alabama, Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menemukan fosil tengkorak paus purba usia 40 juta tahun berukuran besar saat sedang menggali di properti milik keluarganya.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Selama liburan musim panas, Lindsey Stallworth, bersama dengan guru sainsnya, Drew Gentry, melakukan pencarian di properti kayu keluarga Stallworth di Monroe County, Alabama.

Setelah beberapa jam mencari, mereka menemukan sebuah tulang besar yang mencuat dari bukit, menurut situs Sputnik Globe, Kamis, 7 September 2023.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Dorongan awal untuk menggali area tersebut berdasarkan temuan fosil gigi hiu yang dibawa Stallworth ke kelasnya tahun lalu. Dia telah menemukan gigi seperti itu sejak dia berusia 7 tahun.

“Hal terbesar yang saya temukan sebelumnya adalah gigi hiu yang tingginya sekitar tiga inchi dan lebarnya mencapai telapak tangan saya,” kata Stallworth.

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Menurut gurunya, awalnya mereka hanya tahu sedikit tentang apa yang mereka temukan. Tapi tidak diragukan lagi bahwa itu adalah hewan vertebrata besar.

Baru kemudian, dengan dukungan informasi dari Survei Geologi AS dan Survei Geologi Alabama, usia awal temuan tersebut ditetapkan.

Ilustrasi ikan paus.

Photo :
  • Pixabay

"Kami melihat sesuatu dan kami berpikir 'ya ampun, apa ini? Dan begitu kami mulai menggali dan mencarinya, perlahan-lahan kami menyadari apa yang sebenarnya kami temukan," kata Stallworth.

Setelah sekitar satu minggu menghilangkan sisa batu secara perlahan dengan tusuk gigi dan palu kecil, pasangan tersebut mampu memperlihatkan gigi besar dari rahang bawah seekor hewan besar.

Para peneliti identifikasi temuan tersebut dari foto gigi tersebut Paus predator purba. Semetara itu spesies pasti jeda tersebut belum dapat ditentukan.

Pada zaman Eosen, lautan di atas Alabama adalah rumah bagi banyak paus primitif, termasuk Basilosaurus cetoides. Mamalia laut ganas ini hidup 34-40 juta tahun lalu dan tumbuh hingga panjang 18 meter.

Penemuan tersebut kemungkinan merupakan spesies baru dalam keluarga Basilosauridae. Tengkorak yang diberi nama Karen itu telah dibawa ke Sekolah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Alabama untuk dipelajari.

Lindsey Stallworth berencana memulai suatu tahun depan di mana beberapa elemen menunjukkan bahwa tanah mungkin menyembunyikan bagian lain dari kerangka hewan purba tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya