Pertama Kalinya di Dunia, Prancis Akan Vaksin 60 Juta Bebek

Bebek.
Sumber :
  • EURACTIV

VIVA Tekno – Sekitar 60 juta bebek akan divaksinasi di Perancis pada tahun depan ketika negara tersebut memulai kampanye untuk memerangi flu burung dan mengakhiri pemusnahan massal, yang merugikan jutaan industri unggas setiap tahunnya.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Dalam satu-satunya kampanye vaksinasi massal di Eropa untuk melawan flu burung, dua suntikan wajib diberikan kepada anak itik, mulai dari usia 10 hari, di peternakan yang memelihara lebih dari 250 unggas.

Suntikan pertama dilakukan di sebuah peternakan di wilayah Landes di barat daya Prancis pada Senin pagi, dan disaksikan oleh Menteri Pertanian Prancis Marc Fesneau, yang departemennya mendanai 85% dari total biaya kampanye sebesar €96 juta ($102 juta).

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Bebek laut

Photo :
WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

“Rencana vaksinasi ini adalah yang pertama di dunia: tujuannya adalah untuk melindungi semua unggas yang diternakkan dan harus mengakhiri penyembelihan hewan secara preventif, yang tidak lagi diinginkan oleh siapa pun,” kata kelompok produksi bebek dan fois gras CIFOG dalam sebuah pernyataan, melansir DW, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Jocelyn Marguerie, kepala unggas di asosiasi dokter hewan peternakan SNGTV, setuju dengan hal tersebut, dengan mengatakan: "Vaksinasi berarti kita hanya menghadapi kasus individu, menghindari gelombang pasang yang melanda peternakan." 

Meskipun saat ini tidak ada pusat penyakit di Prancis, negara tersebut telah mengalami wabah flu burung secara rutin sejak tahun 2020 setelah mengalami gelombang yang sangat buruk antara tahun 2015 dan 2017.

Penemuan suatu kasus umumnya mengakibatkan pemusnahan seluruh populasi peternakan dan orang-orang lain di sekitarnya, sehingga menimbulkan gangguan nyata terhadap produksi dan menimbulkan kerugian finansial yang signifikan. 

Ada juga kekhawatiran bahwa virus ini dapat bermutasi dan menular ke manusia, sehingga memicu pandemi lebih lanjut.

80 juta dosis pertama di Prancis akan datang dari perusahaan farmasi Jerman Boehringer Ingelheim, yang berarti pemerintah harus mengadakan tender untuk mendapatkan lebih banyak pasokan.

Namun tidak semua orang mendukung hal ini, seorang petani lain di Landes mengatakan secara anonim untuk melindungi bisnisnya, bahwa dia mendapat klien yang “menelepon saya untuk memberi tahu saya bahwa mereka tidak menginginkan daging dari bebek yang divaksinasi.” Dan secara internasional, industri unggas Perancis mungkin menghadapi dampak perdagangan yang buruk. 

Karena unggas yang divaksinasi tidak selalu menunjukkan tanda-tanda infeksi sebelumnya, Amerika Serikat memberlakukan pembatasan impor unggas Perancis mulai tanggal 1 Oktober, dengan alasan adanya risiko masuknya virus ke negara tersebut. 

Seorang pejabat senior di Kementerian Pertanian Jepang juga mengatakan bahwa Tokyo akan menangguhkan impor produk unggas Perancis setelah kampanye vaksinasi dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya