5 Faktor yang Membuat Bekas Luka Lama Hilang

Ilustrasi bekas luka.
Sumber :
  • Pexels/cottonbro studio

Jakarta – Bekas luka adalah hasil dari proses penyembuhan tubuh setelah terjadi cedera atau luka pada kulit. Sementara sebagian besar luka akan sembuh dan menghilang seiring waktu, beberapa bekas luka bisa tetap terlihat untuk waktu yang lama atau bahkan permanen.

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

Ada beberapa faktor yang memengaruhi mengapa bekas luka bisa lama hilangnya dan akan dijelaskan beberapa alasan utama di baliknya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Ukuran dan Kedalaman Luka

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Ilustrasi bekas luka

Photo :
  • Pexels/MART PRODUCTION

Salah satu faktor yang memengaruhi seberapa lama bekas luka akan bertahan adalah ukuran dan kedalaman luka asli. Semakin besar dan lebih dalam luka, semakin lama proses penyembuhan dan perbaikan jaringan akan memakan waktu. Luka yang menembus lapisan kulit lebih dalam dan mencapai jaringan subkutan akan cenderung menghasilkan bekas luka yang lebih menonjol.

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

2. Jenis Luka

Ilustrasi luka

Photo :
  • pixabay

Ada berbagai jenis luka, termasuk luka terbuka, luka bakar, luka jahitan, dan luka akibat trauma tertentu. Jenis luka ini dapat memengaruhi seberapa cepat luka sembuh dan apakah bekas luka akan muncul. Misalnya, luka bakar seringkali meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan karena kerusakan yang signifikan pada jaringan kulit.

3. Genetik dan Usia

Ilustrasi Luka.

Photo :
  • Pixabay/hans

Genetika seseorang dapat memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka dan kemungkinan terbentuknya bekas. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk membentuk bekas luka dengan mudah, sementara yang lain tidak. 

Selain itu, usia juga memengaruhi kemampuan tubuh untuk meregenerasi dan memperbaiki jaringan kulit. Semakin tua seseorang, semakin lama waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan.

4. Perawatan dan Perlindungan Luka

Ilustrasi anak luka

Photo :
  • Pixabay/saulhm

Bagaimana kamu merawat luka juga bisa memengaruhi apakah bekas luka akan bertahan lama atau tidak. Luka yang terlindungi, dilembabkan dan dirawat dengan baik akan lebih cenderung sembuh dengan baik dan mengurangi kemungkinan terbentuknya bekas luka yang permanen.

5. Infeksi dan Komplikasi

Ilustrasi bekas luka

Photo :
  • Pexels/cottonbro studio

Infeksi pada luka atau komplikasi medis lainnya dapat menghambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko bekas luka. Penting untuk menjaga luka tetap bersih dan mengobati infeksi dengan tepat waktu untuk mencegah komplikasi yang dapat memperpanjang waktu penyembuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya