Zanubis, Trojan Android yang Mencuri Data Finansial dan Kripto

Hacker / serangan siber.
Sumber :
  • Homeland Security Today

VIVA Digital – Zanubis, trojan perbankan Android, muncul pada Agustus 2022 yang menargetkan pengguna keuangan dan kripto di Peru.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Dengan meniru aplikasi Android Peru yang sah maka aplikasi ini sukses melakukan phishing atau penipuan terhadap pengguna agar memberi izin aksesibilitas sehingga menyerahkan kendali secara penuh atas perangkat tersebut.

Pakar keamanan siber Kaspersky membeberkan cara kerja Zanubis:

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

- Trojan ini dikirimkan melalui SMS atau tautan phishing.
- Setelah diinstal, Zanubis akan menyamar sebagai aplikasi Android yang sah, seperti aplikasi perbankan atau cryptocurrency.
- Trojan ini akan meminta pengguna untuk memberikan izin aksesibilitas, yang memungkinkannya untuk mengambil alih kontrol atas perangkat.
- Setelah mendapatkan izin aksesibilitas, Zanubis akan mulai mencuri data dari aplikasi yang sedang digunakan pengguna, seperti nomor rekening, PIN, dan kata sandi.
- Data yang dicuri akan dikirim ke server kontrol jarak jauh.

"Penjahat siber (hacker) tidak akan berhenti mengejar keuntungan moneter, kini semakin merambah dunia aset kripto, dan bahkan menyamar sebagai lembaga pemerintah untuk mencapai tujuan mereka. Laporan intelijen memainkan peran penting dalam mengikuti perkembangan alat berbahaya dan teknik terbaru para hacker," ungkap Tatyana Shishkova, Peneliti Keamanan Utama Kaspersky.

Agar Libur Lebaran Tidak Tekor

Ilustrasi Trojan yang bersarang di Google Play Store.

Photo :
  • Kaspersky

Bukan itu saja. Zanubis telah berevolusi secara signifikan sejak pertama kali terdeteksi. Pada April 2023, Zanubis mulai menyamar sebagai aplikasi resmi SUNAT – badan pemerintahan Peru yang bertanggung jawab untuk administrasi perpajakan. Zanubis juga menjadi lebih canggih dalam kemampuannya untuk mencuri data pribadi dan penting.

Zanubis dikaburkan dengan bantuan Obfuscapk, obfuscator populer untuk file APK Android. Setelah mendapat izin untuk mengakses perangkat, trojan ini menipu korban dengan memuat situs web SUNAT asli menggunakan WebView, sehingga tampak sah.

Untuk berkomunikasi dengan server pengontrol, Zanubis menggunakan WebSockets dan perpustakaan yang disebut Socket.IO. Hal ini memungkinkannya untuk beradaptasi dan tetap terhubung meskipun terdapat masalah.

Tidak seperti malware lainnya, Zanubis tidak memiliki daftar aplikasi target yang tetap. Sebaliknya, trojan tersebut bisa diprogram dari jarak jauh untuk mencuri data pribadi ketika aplikasi tertentu sedang aktif.

Malware ini bahkan membuat koneksi kedua, yang dapat memberikan peretas atau hacker kendali penuh atas perangkat pengguna. Dan yang paling buruk adalah Zanubis dapat menonaktifkan perangkat pengguna dengan berpura-pura menjadi pembaruan Android.

Belum usai. Penemuan terbaru lainnya oleh Kaspersky adalah AsymCrypt cryptor/loader, yang menargetkan dompet kripto dan dijual di forum bawah tanah. Seperti yang ditunjukkan oleh penyelidikan bahwa ini adalah versi pemuat DoubleFinger yang telah berevolusi, bertindak sebagai 'garda depan' ke layanan jaringan TOR.

Pembeli menyesuaikan metode injeksi, proses target, persistensi startup, dan jenis stub untuk DLL berbahaya, menyembunyikan muatan dalam gumpalan terenkripsi dalam gambar .png yang diunggah ke situs hosting gambar. Eksekusi mendekripsi gambar, kemudian mengaktifkan payload di memori.

Peretas atau hacker berhasil membobol data pribadi.

Photo :
  • BankInfoSecurity

Pelacakan ancaman siber yang dilakukan Kaspersky juga mengarah pada pencuri Lumma, sebuah rangkaian malware yang terus berkembang. Awalnya dikenal sebagai Arkei, Lumma yang terlah berganti merek ini mempertahankan 46 persen atribut sebelumnya.

Menyamar sebagai pengonversi .docx ke .pdf, distribusinya yang manipulative memicu muatan berbahaya ketika file yang diunggah kembali dengan ekstensi ganda .pdf.exe.

Seiring waktu, fungsi utama semua varian tetap sama, yaitu mencuri file cache, file konfigurasi, dan log dari dompet kripto. Hal ini dapat dilakukan dengan bertindak sebagai plugin browser, tetapi juga mendukung aplikasi Binance yang berdiri sendiri.

Evolusi Lumma mencakup perolehan daftar proses sistem, mengubah URL komunikasi, dan memajukan teknik enkripsi. Untuk mencegah ancaman siber bermotif finansial maka Kaspersky merekomendasikan:

- Siapkan cadangan offline yang tidak dapat dirusak oleh penyusup. Pastikan Anda dapat mengaksesnya dengan cepat dalam keadaan darurat saat dibutuhkan.
- Instal perlindungan ransomware untuk semua titik akhir. Terdapat Alat Anti-Ransomware Kaspersky untuk Bisnis secara gratis yang melindungi komputer dan server dari ransomware dan jenis malware lainnya, mencegah eksploitasi, dan kompatibel dengan solusi keamanan yang sudah terinstal sebelumnya.
- Untuk meminimalkan kemungkinan peluncuran penambang kripto, gunakan solusi keamanan khusus seperti Kaspersky Endpoint Security for Business dengan kontrol aplikasi dan web; analisis perilaku membantu mendeteksi aktivitas berbahaya dengan cepat, sementara manajer kerentanan dan patch akan melindungi dari penyerang kripto yang mengeksploitasi kerentanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya