Singa Laut Kerap Dilecehkan, Pemerintah Tutup Pantai 7 Tahun

Singa Laut.
Sumber :
  • Smithsonian

VIVA Digital – Setiap musim panas, singa laut datang ke pantai California Selatan untuk melahirkan, menyusui, dan berkembang biak. Beberapa dari hewan pinniped ramping ini keluar dari Samudra Pasifik menuju bebatuan Point La Jolla, semenanjung terjal yang terletak sekitar 15 mil barat laut pusat kota San Diego.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Wisatawan berkumpul untuk melihat singa laut di penangkaran yang mudah diakses ini, tetapi mereka tidak selalu memberikan ruang yang dibutuhkan mamalia laut tersebut.

Baru-baru ini, pengunjung terlihat berfoto bersama singa laut, menerbangkan drone ke wajah mereka, melemparkan pasir, bahkan menendang mereka. Dalam satu contoh, seekor anak anjing mati setelah dipojokkan oleh sekelompok orang.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

anjing laut

Photo :
  • pixabay/suju-foto

“Anggota masyarakat terlihat mencoba menyentuh, mengambil 'selfie', dan sedekat mungkin dengan singa laut, yang berpotensi membahayakan tidak hanya masyarakat, tetapi juga hewan-hewan itu,” menurut pernyataan kota, melansir Smithsonian Magazine, Senin, 2 Oktober 2023.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

“Interaksi manusia dengan singa laut dewasa dan anak-anaknya dapat mengakibatkan cedera, dan/atau penelantaran, keturunan singa laut, serta perilaku agresif singa laut dewasa.”

Kini, para pemimpin kota turun tangan untuk membantu menjaga keamanan para hewan lucu ini. Pada hari Senin, Dewan Kota San Diego dengan suara bulat memutuskan untuk menutup Point La Jolla dan sebagian Pantai Boomer di dekatnya bagi manusia dan anjing selama tujuh tahun, lapor Ashley Mackin-Solomon untuk La Jolla Light.

Penutupan tersebut mencakup sekitar 150 meter garis pantai, menurut Jeremy Childs dari Los Angeles Times. Ini tidak termasuk La Jolla Cove, yang merupakan area berenang populer dengan pantai, atau Pantai Shell dan Taman Ellen Browning Scripps di dekatnya. Pengunjung yang ingin mengamati mamalia laut tetap dapat melakukannya, tapi mereka hanya bisa melihat melalui penghalang. Masyarakat juga masih bisa mengakses laut dari area tertutup tersebut.

Komisi Pesisir California, sebuah lembaga negara yang mengelola garis pantai, menandatangani rencana tersebut awal bulan ini.

Para pemimpin kota telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah konflik manusia-hewan di Point La Jolla, namun pada akhirnya, mereka memutuskan bahwa langkah-langkah tersebut belum cukup.

Pada bulan Juli 2021, kota ini memasang tanda peringatan pengunjung untuk menjauhi singa laut selama musim melahirkan. Sebulan kemudian, pemerintah kota menutup wilayah tersebut selama lima minggu dalam keadaan darurat.

Musim semi berikutnya, pada bulan April 2022, komisi pesisir menerapkan penutupan musiman tahunan dari tanggal 1 Mei hingga 31 Oktober selama musim berkembang biak singa laut. Pemungutan suara dewan kota baru-baru ini memperpanjang penutupan musiman yang akan dilakukan sepanjang tahun.

Kelompok advokasi satwa liar memuji keputusan tersebut, dan mengatakan bahwa penutupan tersebut dapat memberikan manfaat lain, seperti mengurangi sampah di tanah dan mengurangi erosi yang disebabkan oleh manusia. Hal ini juga bisa menjadikan pantai sebagai surga bagi burung laut, pendapat para pendukung.

Mereka yang menentang penutupan tersebut bertanya-tanya apakah dewan kota pada akhirnya akan menutup area akses publik lainnya dan berpendapat bahwa anggota dewan tidak mendengarkan penduduk setempat, lapor L.A. Times.

Pemkot akan terus mencari solusi lain terhadap permasalahan konflik manusia dan singa laut, seperti menambah kamera pengawas atau memasang gerbang masuk ke pantai. Namun sementara itu, mereka mengatakan penutupan merupakan langkah penting untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

Sejak tahun 1972, Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut federal telah melarang orang melecehkan, menangkap, membunuh, atau mengganggu singa laut.

“Kami mengambil tindakan ini dengan cepat untuk mengurangi konflik dan kebingungan yang berkepanjangan,” kata Joe LaCava, anggota dewan San Diego yang distriknya mencakup Point La Jolla, seperti dilansir L.A. Times. “Penutupan ini menjaga keamanan masyarakat, melengkapi penjaga hutan kami dengan kemampuan penegakan hukum dan menjaga akses bersejarah ke laut bagi mereka yang ingin memanfaatkannya.”

Diperkirakan ada 180.000 singa laut California dewasa yang hidup di alam liar, menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, yang saat ini mencantumkan makhluk tersebut sebagai spesies yang “paling tidak memprihatinkan”. Mereka tinggal di sepanjang pantai barat Amerika Utara dan Amerika Tengah, dari selatan hingga Kosta Rika hingga utara hingga Alaska.

Singa Laut

Photo :
  • Smithsonian

Mereka biasanya hidup antara 15 dan 20 tahun di alam liar, menurut Institut Biologi Konservasi dan Kebun Binatang Nasional Smithsonian. Laki-laki memiliki berat rata-rata 600 pon tetapi bisa mencapai hingga 1.000 pon menjelang musim kawin. Betina jauh lebih kecil, dengan berat rata-rata 220 pon.

Singa laut memiliki penutup telinga luar yang terlihat jelas, yang membedakannya dari “anjing laut sejati”, yang memiliki lubang telinga. Mereka ahli perenang dan penyelam, dan umumnya memakan ikan, krill, cumi-cumi, gurita, dan invertebrata lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya