Pengguna Google Diminta Bikin Passkey, Ini Alasannya

Ilustrasi Google.
Sumber :
  • Promise Keepers Canada

VIVA Tekno – Google mempermudah pengguna untuk tidak lagi menggunakan kata sandi pada akun Google mereka dan memilih untuk menggunakan passkey - sebuah pendekatan yang cepat, aman, dan tanpa kata sandi untuk login yang menggunakan pin, wajah, atau otentikasi sidik jari yang ada pada perangkat pengguna.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Dilansir dari theverge, Kamis, 12 Oktober 2023, pengguna akun Google akan diminta untuk membuat kunci sandi untuk akun mereka secara default, sehingga mereka tidak perlu lagi mencari-cari secara manual di pengaturan akun untuk proses pengaturan.

Ilustrasi Google.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Meskipun tujuan utama dari industri ini adalah untuk menjadikan kata sandi sebagai standar login yang baru, Google mengatakan bahwa kata sandi akan "tetap menjadi bagian dari kehidupan kita saat kita melakukan perubahan."

Dengan demikian, pengguna masih dapat memilih untuk masuk ke akun Google mereka dengan kata sandi tradisional (lama)  dan dapat memilih untuk tidak menggunakan kata sandi sepenuhnya dengan menonaktifkan opsi "lewati kata sandi jika memungkinkan" untuk akun mereka.

7 Rahasia Google

Apa yang dimaksud dengan Passkeys ?

Passkeys dapat menggantikan kata sandi tradisional dengan metode autentikasi perangkat Anda sendiri. Dengan begitu, Anda bisa masuk ke Gmail, PayPal, atau iCloud hanya dengan mengaktifkan ID Wajah di iPhone, sensor sidik jari ponsel Android, atau dengan Windows Hello di PC.

Dibangun di atas teknologi WebAuthn (atau Otentikasi Web), dua kunci berbeda dihasilkan ketika Anda membuat kunci sandi: satu disimpan oleh situs web atau layanan tempat akun Anda berada dan sebuah kunci pribadi yang tersimpan di perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi identitas kamu.

Tentu saja, jika kunci sandi disimpan di perangkat kamu, apa yang terjadi jika kunci tersebut rusak atau hilang? Karena kunci sandi berfungsi di beberapa perangkat, Anda mungkin memiliki cadangan yang tersedia.

Ilustrasi Google.

Photo :
  • Pixabay/422737

Banyak layanan yang mendukung kunci sandi juga akan mengautentikasi ulang ke nomor telepon atau alamat email Anda atau ke kunci keamanan perangkat keras jika kamu memilikinya.

Brankas kata sandi Apple dan Google sudah mendukung kunci sandi, begitu juga dengan pengelola kata sandi seperti 1Password dan Dashlane. 1Password juga telah menciptakan layanan daftar direktori online yang memungkinkan pengguna untuk masuk menggunakan kunci sandi.

Google telah memperkenalkan dukungan kunci sandi ke berbagai produknya selama setahun terakhir, termasuk akun Workspace dan Cloud serta peramban web Chrome. Banyak situs web dan aplikasi terkemuka juga mendukung kunci sandi.

Kamu bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang di mana saja mereka saat ini bisa digunakan melalui direktori yang dibuat oleh layanan manajemen kata sandi 1Password.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya