Inovasi dan Teknologi untuk Masa Depan Industri Bahan Bangunan dan Dekorasi

Ilustrasi inovasi/berkreasi.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Industri konstruksi di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 4,5 persen pada 2024. Hal ini semakin baik karena didukung oleh investasi di bidang transportasi, energi terbarukan, manufaktur, dan proyek infrastruktur perumahan.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Sektor-sektor utama dalam pasar konstruksi Indonesia adalah konstruksi komersial, konstruksi industri, konstruksi infrastruktur, konstruksi energi dan utilitas, konstruksi institusi, dan konstruksi perumahan.

Pembangunan infrastruktur dasar fokus pada penyediaan air minum, listrik, hingga pengelolaan sampah. Rencananya, pembangunan tahap II periode 2025-2029 akan fokus pada pengembangan kawasan inti, seperti sarana transportasi umum baik primer maupun sekunder.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Sedangkan, pembangunan tahap III periode 2030-2034 meliputi pengembangan kawasan industri dan sektor lainnya. Melihat rencana tersebut, kebutuhan yang tinggi akan produk bahan bangunan yang berkelanjutan, Meorient Exhibition International menghadirkan acara Building Decoration Expo, atau lebih dikenal dengan BDExpo.

Ilustrasi menggunakan teknologi / smartphone.

Photo :
  • The Economic Times
Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

BDExpo bertujuan memperkenalkan peserta yang berasal dari China dengan pelaku industri bahan bangunan dan dekorasi dalam negeri untuk menjajaki komunikasi bisnis antar perusahaan.

Bukan hanya itu, keuntungan lain yang didapat adalah memperluas jaringan kerja sama dan informasi terbaru terkait inovasi produk dan teknologi.

BDExpo menstimulasi para pemain industri bahan bangunan dan dekorasi untuk mengembangkan bisnisnya lewat produk-produk berkualitas dengan harga terbaik dari produsen China. Salah satu program yang dilakukan untuk mengenalkan BDExpo lebih luas adalah menggelar Building Decoration Summit (BDC).

Dengan mendapat dukungan dari berbagai asosiasi resmi seperti Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), Himpunan Management Ahli Konstruksi Indonesia (HAMKI), Ikatan Pengusaha Bahan Bangunan Indonesia (IPBBI), GPCI sampai Bazar Bangunan, BDC digelar pada Rabu, 11 Oktober 2023 di Ballroom Kridangga Hotel Century Park, Jakarta.

"Konferensi membahas pengadaan dan manajemen sumber daya untuk proyek, pengendalian pelayanan konsultasi produk dan jasa di bidang konstruksi sampai dunia distributor bahan bangunan," ungkap Larissa Zhou, General Manager Meorient Exhibition International.

Menurutnya, setelah BDC, pameran yang diselenggarakan pada November mendatang akan menghadirkan 500+ supplier terverifikasi dari China dan lebih dari 2.000 produk berkualitas. Produk bahan bangunan dan dekorasi yang didatangkan mencakup architecture material, hardware tools, furniture and accessories, bathroom equipment, lighting, sampai kitchen equipment.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya