9 Daftar Aplikasi Pesan Instan Pesaing WhatsApp, Udah Pernah Coba?

Aplikasi Signal, WhatsApp, dan Telegram.
Sumber :
  • NBCNews

VIVA Tekno – WhatsApp mungkin adalah salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia saat ini. Namun, ada sejumlah aplikasi pesan instan lainnya yang telah membangun basis pengguna yang kuat dan menawarkan berbagai fitur yang menarik. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Beberapa dari aplikasi pesan instan ini bahkan menawarkan privasi dan keamanan yang lebih baik daripada WhatsApp. Berikut telah VIVA Tekno hadirkan sederet aplikasi pesan instan yang menjadi pesaing kuat untuk WhatsApp:

1. Telegram

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Aplikasi Telegram

Photo :
  • Telegram
Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Didirikan oleh Nikolai dan Pavel Durov, Telegram menawarkan fitur keamanan dan privasi yang lebih baik seperti pesan berbasis waktu yang akan menghilang dan enkripsi end-to-end. Telegram juga mendukung pengiriman file besar dan memiliki platform bot yang kuat.

2. Signal

Aplikasi Signal, WhatsApp dan Telegram.

Photo :
  • https://www.brookings.edu/

Dipuji oleh pakar keamanan dan privasi, Signal menawarkan enkripsi end-to-end dan tidak menyimpan data pengguna. Desainnya yang simpel dan fokus pada privasi menjadikannya favorit banyak aktivis dan profesional keamanan.

3. Viber

Tampilan aplikasi Viber di Mac dan iPhone

Photo :
  • squarespace.com

Selain pesan teks, Viber memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker dan GIF yang menarik, serta enkripsi end-to-end.

4. WeChat

WeChat.

Photo :
  • Jing Daily

Terpopuler di Cina, WeChat bukan hanya aplikasi pesan instan. Ini juga platform media sosial, pembayaran, dan banyak lagi. Meskipun demikian, ada kekhawatiran mengenai privasi dan keamanan data di WeChat.

5. Line

Aplikasi Line.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Populer di beberapa negara Asia seperti Jepang dan Thailand, Line menawarkan fitur-fitur menarik seperti stiker, tema, dan bahkan platform game. Pengguna juga dapat mengikuti akun resmi selebriti atau merek favorit mereka.

6. KakaoTalk

Logo KakaoTalk.

Photo :
  • youtube.com

Terutama digunakan di Korea Selatan, KakaoTalk menawarkan berbagai fitur menarik seperti tema, stiker, dan layanan pembayaran mobile bernama KakaoPay.

7. Facebook Messenger

Facebook Messenger di perangkat Android dan iOS

Photo :
  • facebook.com

Meskipun dimiliki oleh perusahaan yang sama dengan WhatsApp, Facebook Messenger memiliki basis pengguna yang besar dengan fitur-fitur unik seperti "chatbots", video call, dan AR games.

8. iMessage

WhatsApp x iMessage.

Photo :
  • News Text Area

Khusus untuk pengguna Apple, iMessage menawarkan enkripsi end-to-end dan integrasi yang mulus dengan perangkat Apple lainnya. Fitur-fiturnya meliputi Animoji, Memoji, dan efek pesan khusus.

Skype

Photo :
  • skype.com

Skype adalah salah satu aplikasi panggilan video terdepan yang banyak disukai oleh pengguna. Tak hanya menawarkan layanan video call, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur chat standar, seperti mengirim teks, foto, video, file, serta melakukan panggilan suara.

Sebagai opsi selain WhatsApp, Skype dapat diakses baik melalui smartphone maupun komputer. Kamu dapat mengunduh Skype dari Google Play, App Store, atau langsung dari situs web mereka tanpa biaya.

Dengan berbagai opsi yang tersedia, pengguna memiliki kebebasan untuk memilih aplikasi pesan instan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, terutama dalam hal fitur, privasi, dan keamanan. Dari sederet aplikasi pesan singkat di atas, mana favorit kamu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya