Viral Aksi Copot Paksa Bendera Israel Diganti Palestina

Aksi copot paksa Bendera Israel di Inggris.
Sumber :
  • Istimewa

London – Baru-baru ini masyarakat Inggris heboh dengan Pengunjuk rasa memanjat gedung balai kota dan menurunkan bendera Israel yang dikibarkan di atap dalam sebuah demonstrasi di Kota Sheffield, Inggris.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan seorang pria memanjat atap untuk melepas bendera Zionis tersebut sebelum melemparkannya ke kerumunan orang di bawah. Sebagai ganti bendera Israel, pengunjuk rasa kemudian mengibarkan bendera Palestina.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Aksi Copot Paksa Bendera Israel di Inggris

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari BBC, Kamis, 12 Oktober 2023, menyebutkan di dalam sebuah pernyataan, Polisi South Yorkshire mengatakan mereka yakin dua pria telah memanjat gedung itu pada Selasa malam, 10 Oktober 2023 waktu setempat. Tidak ada penangkapan yang dilakukan, kata kepolisian, dan penyelidikan masih dilakukan.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Dalam rekaman yang dibagikan Sheffield Online, terdengar orang-orang berteriak “turunkan” dan bersorak saat bendera Israel diturunkan. Petugas berusaha membubarkan massa, dengan dua tersangka "melarikan diri dari tempat kejadian" selama "gangguan kecil" tersebut.

Insiden itu terjadi tiga hari setelah puluhan pejuang bersenjata dari Hamas kelompok militan Palestina, menyeberang ke Israel dari Gaza dalam serangan mendadak. Korban tewas di Israel telah mencapai 1.200 orang – sementara lebih dari 900 orang tewas akibat serangan udara balasan Israel di Gaza.

"Setiap orang mempunyai hak atas protes yang aman dan damai tetapi kami tidak dapat mendukung peristiwa yang terjadi selama protes di luar Balai Kota Sheffield,” kata Pemimpin Dewan Kota Sheffield, Tom Hunt sebagaimana dilansir BBC.

“Para pengunjuk rasa menempatkan diri mereka sendiri dan orang lain dalam bahaya serius.”

Keputusan untuk mengibarkan bendera Israel dibuat setelah adanya permintaan dari Departemen Peningkatan Level, Perumahan dan Komunitas agar pemerintah setempat “mempertimbangkan tindakan tersebut”, kata dewan tersebut.

Aksi Copot Paksa Bendera Israel di Inggris

Photo :
  • Istimewa

Ia menambahkan bahwa bendera Union Inggris dipasang kembali di gedung tersebut pada Selasa malam “seperti yang selalu direncanakan” dan mengatakan bahwa bendera Israel telah diserahkan kembali kepada staf dewan.

Mereka mengatakan “peninjauan menyeluruh” atas insiden tersebut akan dilakukan dan “kami akan melihat langkah-langkah keamanan yang diterapkan”.

Dewan mengatakan bendera Israel dikibarkan untuk “menunjukkan solidaritas terhadap orang-orang tak berdosa di negara tersebut yang menghadapi aksi teror yang mengerikan”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya