Indonesia 'Dikepung' 4 Negara Sohib Israel, Nomor 2 Bisa Dilihat dari Batam

Singapura.
Sumber :
  • Pixabay/ sasint

VIVA Tekno – Israel sedang dapat sorotan besar dari publik dunia, termasuk Indonesia, karena konflik yang sedang terjadi dengan Palestina.

Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

Banyak negara mengecam aksi Israel yang terus melancarkan serangan yang sudah menewaskan ribuan orang di Gaza. Meski begitu, ada beberapa negara yang diketahi mendukung Israel.

Apalagi, sejumlah negara diketahui memberi dukungan ke Israel, termasuk dari Asia Tenggara. Bahkan, ada satu negara yang bisa dilihat dari Batam. Siapa saja negara itu? Simak informasi yang dirangkum VIVA Tekno:

Polri Gandeng 3 Negara Buru Gembong Narkoba Fredy Pratama

Vietnam

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina

Ilustrasi bendera Vietnam.

Photo :
  • Antara Foto.

Salah satu negara Asia yang mendukung Israel adalah Vietnam. Mereka mengakui kedaulatan Israel sebagai negara sejak 1993.

Vietnam pun menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sejak 1994. Kedua negara itu pun terlibat kerja sama dalam sejumlah aspek, mulai dari perdagangan, investasi, pertanian, sains, teknologi, dan pendidikan. Meski begitu, terkait konflik Israel-Palestina, Vietnam turut menjadi negara yang mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Negara Tetangga Asia Tenggara paling dekat, ada Singapura. Mereka mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969.

Kemudian, kedua negara itu menjalin hubungan diplomatik sejak 1970. Sama seperti Vietnam, Singapura dan Israel memiliki kerja sama di sejumlah bindang, seperti pertahanan, perdagangan, teknologi, hingga pendidikan.

Banner bendera Filipina terbalik

Photo :
  • Twitter/@Cam_Conde

Di urutan ketiga, ada Filipina. Dua negara ini telah menandatangani perjanjian persahabatan sejak 26 Februari 1958.

Bahkan, Rodrigo Duterte mencatatkan sejarah sebagai presiden pertama Filipina yang pernah menginjakkan kaki di Israel. Meski sudah bekerja sama sejak 1958, kedua negara ini baru membuka kedutaan besar pada 1962.

Bendera negara Thailand.

Photo :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

Terakhir, ada Thailand. Mereka jadi salah satu negara yang mengawali pengakuan terhadap Israel. Tepatnya, hal itu dilakukan Thailand pada 1954.

Kemudian, kedutaan besar dua negara ini mulai didirikan pada 1958. Hingga saat ini, Thailand masih menjadi negara yang menjalin hubungan dekat dengan Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya