Geger Kitab Kematian Ditemukan, Ada Mantra Asuransi Perjalanan Spiritual

Kitab Kematian Mesir Kuno.
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Tekno – Arkeolog menemukan mumi langka Mesir Kuno yang di dalamnya terdapat Kitab Kematian saat menggali kuburan berusia 3.500 tahun. Kitab tersebut berisi mantra untuk membimbing arwah menuju ke kehidupan setelah kematian.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Dilansir dari Science Alert, Selasa, 7 November 2023, kitab berbahan papirus yang ditemukan di kuburan Tuna al-Gebel, Mesir Tengah tersebut berupa gulungan sepanjang 13 hingga 15 meter.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Ilustrasi mumi.

Photo :
  • Pixabay

Menurut asisten kurator di Departemen Kebendaan di Museum J. Paul Getty, Sara Cole, gulungan tersebut adalah komponen umum dalam pemakaman zaman Mesir Kuno.

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

Selain itu, mantra-mantra yang tertulis di dalam gulungan adalah surat ‘asuransi perjalanan supernatural’. Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menyebutkan bahwa gulungan tersebut bukanlah satu-satunya harta karun yang ditemukan di Tuna al-Gebel.

Adapun pemakaman Tuna al-Gebel dibangun pada masa Kerajaan Baru, yakni sekitar 1550 hingga 1070 Sebelum Masehi (SM).

Selain Kitab Kematian, para arkeolog juga menemukan mumi, sarkofagus, sejumlah jimat, dan banyak patung shabti atau ushabti sebagai pelayan almarhum di akhirat.

Menurut Egyptologist di University of Chicago, Foy Scalf, menemukan salinan Kitab Kematian bukanlah hal yang aneh. Namun, menemukan satu patung yang masih ada di kuburan asli adalah hal yang langka.

Hingga saat ini, Scalf masih belum menemukan banyak informasi terkait gulungan tersebut. Menurutnya, sulit untuk mengetahui seberapa penting gulungan itu tanpa penelitian lebih lanjut.

Menurut kurator British Museum untuk Mesir Kuno dan Sudan, John Taylor, perjalanan menuju akhirat adalah hal yang cukup sulit bagi para masyarakat Mesir Kuno.

Kitab Kematian

Photo :
  • http://egiptomaniacos.top-forum.net

Maka dari itu, Kitab Kematian yang ditempatkan bersama mayat di dalam kubur ini bertujuan untuk membantu roh menemukan jalan.

Lebih lanjut, salah satu hal yang membuat gulungan ini unik adalah orang kaya dapat memilih mantra mana yang ingin dicantumkan dalam Kitab Kematian.

Selain itu, Kitab Kematian baru akan berfungsi jika nama jenazah tercantum. Namun, ada juga Kitab Kematian yang sudah ditulis berdasarkan tempat sehingga nama almarhum bisa dicantumkan di kolom kosong yang sudah disediakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya