LG Electronics Ingin Produknya Tak Sekadar Jargon Hemat Energi

Head of Product Marketing Air Solution LG Electronics Indonesia Abhinyano.
Sumber :
  • LG Electronics Indonesia

VIVA Tekno – LG Electronics Indonesia menggandeng Universitas Indonesia dalam melakukan pengujian terhadap kemampuan perangkat penyejuk ruangan (air conditioner/AC) agar hemat energi dalam pengoperasiannya.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Pengujian tersebut dilakukan Unit Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UP2M DTE FT-UI) terhadap konsumsi listrik AC LG Dualcool New Eco.

Kepala UP2M DTE FTUI Budi Sudiarto menilai, AC LG kategori inverter memiliki konsumsi listrik harian berkisar 1.04kWha untuk model dengan kapasitas pendinginan 1/2 Pk.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Dengan tarif listrik yang berlaku saat ini, maka konsumsi listriknya sebanding dengan biaya sebesar Rp1.500. Menurutnya, pengujian ini menjadi contoh baik karena bagian dari bentuk tanggung jawab industri dalam memberikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat.

AC LG Dualcool New Eco.

Photo :
  • LG Electronics Indonesia
Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Hal ini, kata Budi, berkaitan dengan semakin maraknya pemasaran berbagai perangkat elektronik, termasuk AC, dengan jargon hemat energi.

"Seiring dengan gerakan hemat energi yang digaungkan pemerintah maka pengujian dari lembaga independen diperlukan untuk menghindari klaim sepihak yang justru membingungkan masyarakat," tuturnya, dalam sebuah paparan secara hybrid, Senin, 6 November 2023.

Jargon hemat energi tersebut yang menjadi latar belakang LG Electronics melakukan pengujian di UI. Selain independensi terjaga, pengujian melalui lembaga pendidikan dengan reputasi tinggi yang dimiliki UI dianggap bakal memberikan tingkat kepercayaan lebih pada hasilnya.

Untuk mendapatkan perhitungan konsumsi energi harian yang benar-benar menggambarkan penggunaan masyarakat, pengujian dilakukan dalam rentang satu bulan.

Sepanjang masa itu, tim penguji melakukan serangkaian skenario dan pemantauan pada AC yang diletakkan pada ruang khusus dengan dimensi 7,75 meter persegi dan beroperasi 8 jam per hari.

Lebih lanjut terkait hasil uji konsumsi energi harian yang rendah pada AC LG Dualcool New Eco, Head of Product Marketing Air Solution LG Electronics Indonesia Abhinyano mengaku tak lepas dari Fitur Watt Control yang dimilikinya.

Mengaktifkan fitur ini membuat pengguna dapat memilih empat opsi pengaturan konsumsi daya listrik AC. Mulai dari 100, 80, 60, dan bahkan yang terendah mencapai 40 persen kebutuhan konsumsi listrik normal.

"Fitur pengaturan daya listrik ini memberikan kenyamanan pengguna karena memungkinkannya untuk lebih menghemat listrik sesuai kebutuhan,” kata dia.

Abhinyano mencontohkan, setidaknya penggunaan fitur untuk menurunkan tingkat kebutuhan daya listrik ini akan berguna pada dua kondisi berbeda.

Saat suhu lingkungan sekitar cenderung dingin seperti malam hari atau saat terdapat kebutuhan untuk menggunakan lebih banyak perangkat elektronik lain tanpa harus mematikan AC.

Pencapaian yang kami dapatkan saat ini melengkapi perjalanan istimewa AC LG Dualcool New Eco. Tak hanya menawarkan keunggulan performa, tapi juga turut lebih aktif dalam menyediakan produk elektronik hemat energi dengan lebih banyak tingkat komponen dalam negeri (TKDN)," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya