Jadi CFO Harus Punya 3 Syarat

Ilustrasi inovasi/transformasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Transformasi digital bisa mempengaruhi seluruh aspek bisnis karena dinilai menciptakan kesempatan baru bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas hubungan pelanggan, efisiensi operasional, dan menciptakan model bisnis baru.

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

Saat ini, transformasi digital menjadi prioritas bagi para C-level executive, termasuk Chief Financial Officer (CFO). Ketika bisnis perusahaan bertransformasi, maka waktunya bagi para CFO untuk memanfaatkan digitalisasi dan menjadikannya bagian dari fungsi keuangan.

Hal tersebut memberikan kesempatan bagi para CFO untuk tetap fokus pada efisiensi dan penyesuaian kebutuhan bisnis selama berlangsungnya proses transformasi fungsi finansial yang mendorong pembaharuan strategi, dan model bisnis.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Selain itu, CFO bersama tim memainkan peran yang kian penting sebagai 'pemberi arah' bisnis. Mereka perlu menemukan cara-cara untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam fungsi keuangan untuk mendukung arah bisnis dalam jangka panjang.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Teknologi digital.

Photo :
  • dynamicCIO.com

Teknologi digital juga dapat membantu CFO dan tim untuk mendapatkan masukan yang berharga dan tepat waktu bagi bisnis perusahaan. Direktur Keuangan BRI Life, Lim Chet Ming, menyebut jika dahulu 'departemen finance' hanya fokus pada 'reporting performance', kini perannya lebih luas lagi.

"Peran CFO sekarang harus bisa memastikan fungsi keuangan selaras dengan tujuan bisnis, mendukung proses penciptaan nilai serta menjadi katalisator inovasi dan transformasi, sekaligus manajer risiko sehingga langsung maupun tidak langsung berpengaruh ke pendapatan perusahaan," ungkap Lim.

Oleh karenanya, setiap CFO harus bekerja ekstra keras dan cerdas, serta tangguh mengeksekusi. Untuk itu, BRI Life berhasil menerima dua penghargaan dalam kegiatan yang diselenggarakan The Finance, yakni Top 20 Financial Award 2023 kategori Perusahaan Asuransi Jiwa Berpremi Bruto Rp5 Triliun ke Atas, serta Best CFO Category Life Insurance.

"CFO memiliki peranan yang sangat strategis, mengingat tanggung jawab sebagai pengelola keuangan perusahaan dan value driver dalam keberlanjutan yang mampu menjaga akuntabilitas perusahaan guna menunjang proses bisnis internal dan eksternal, sehingga mampu tumbuh dan sustainable," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya