Ribuan Ikan Sarden Mati Terdampar di Pantai Jepang, Ada Apa?

Ribuan ikan Sarden mati terdampar di pantai Jepang
Sumber :
  • Kyodo News

VIVA Tekno – Kejadian menyedihkan terjadi di Jepang. Ribuan ikan, yang sebagian besar terdiri dari ikan sarden dan ikan makarel, mati terdampar di pantai di Jepang utara. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Ribuan ikan itu terdampar di pantai Hakodate di pulau utama paling utara Hokkaido pada pekan lalu, menutupi hamparan pantai sepanjang sekitar setengah mil dengan ikan-ikan yang bergelimpangan, menurut laporan AP, dilansir Senin, 11 Desember 2023. 

Ribuan ikan Sarden mati terdampar di pantai Jepang

Photo :
  • AP
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Penduduk setempat mengatakan mereka belum pernah melihat hal seperti ini dan diperingatkan oleh pihak berwenang untuk tidak mengkonsumsi ikan tersebut. 

Penyebab insiden ini masih belum diketahui, namun Takashi Fujioka, peneliti Institut Penelitian Perikanan Hakodate, memperkirakan hewan-hewan tersebut mungkin kelelahan saat dikejar oleh ikan yang lebih besar. Dia mengatakan kekurangan oksigen saat bergerak dalam kelompok yang padat bisa menyebabkan mereka terdampar di pantai.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Insiden ini kuga bertepatan dengan migrasi ikan sarden ke arah selatan, kata Fujioka, seraya menambahkan bahwa ikan tersebut mungkin terkejut karena tiba-tiba memasuki perairan dingin. Ia mengaku pernah mendengar fenomena serupa sebelumnya, namun belum pernah melihatnya di kehidupan nyata.

Ribuan ikan Sarden mati terdampar di pantai Jepang

Photo :
  • Kyodo News

Ikan yang membusuk dapat menurunkan kadar oksigen di dalam air dan mempengaruhi lingkungan laut lainnya, katanya.

Sehari setelah pembersihan, pejabat kota terlihat memeriksa lokasi dan mencoba mengumpulkan ikan, sementara warga mengumpulkannya untuk dijual atau dimakan, meskipun ada peringatan untuk tidak melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya