Polisi Nakal Ada di Mana-mana, AI Dikerahkan

Ilustrasi kejahatan siber.
Sumber :
  • Istimewa

Amerika Serikat – Para pendukung reformasi kepolisian di Amerika Serikat (AS) telah lama berargumen bahwa kamera tubuh yang dikenakan polisi akan membantu mengurangi penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh petugas dan berfungsi untuk membangun kepercayaan publik.

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

Akan tetapi, jutaan jam rekaman yang dihasilkan apa yang disebut ‘kamera tubuh’ itu ternyata sulit untuk dipantau oleh para pengawas polisi.

Dilansir VIVA Tekno dari VOA, Jumat, 22 Desember 2023, kamera tubuh yang dikenakan oleh polisi di kota Memphis, Tennessee, merekam video bagaimana perhentian lalu lintas berubah menjadi mematikan.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kamera Tubuh pada Polisi

Photo :
  • Istimewa
Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Kamera Tubuh pada Polisi

Photo :
Lima petugas polisi menghadapi dakwaan terkait kematian Tyre Nichols. Ulasan rekaman kamera tubuh petugas tentu akan menjadi bagian dari proses pidana.

Rekaman kamera tubuh jarang ditinjau, kata Anthony Tassone, CEO Truleo, sebuah perusahaan kecerdasan buatan (AI). Dia berbicara dengan VOA melalui Zoom.

“Bagi saya, menonton video itu dan berbicara dengan kolega dan rekan penegak hukum saya, itu bukan pertama kalinya para petugas menggunakan bahasa seperti itu atau berada dalam situasi seperti itu.”

Tassone mengatakan perangkat lunak AI ciptaannya untuk kamera tubuh polisi akan membantu pengawas polisi melakukan intervensi lebih awal, sebagaimana penyelia di industri lain memantau interaksi pelanggan dengan karyawan mereka. Seperti menelepon bank.

“Jadi, ide untuk membuat transkrip dan menganalisis karyawan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan ini sudah ada sejak lama.”

Sistem kecerdasan buatan (AI) Truleo memberikan peringkat tinggi saat polisi menggunakan komunikasi formal seperti “Ibu,” “terima kasih,” dan menjelaskan apa yang mereka lakukan. Truleo menampilkan bendera ketika petugas menggunakan hinaan, ancaman, atau kata-kata kotor.

Di Colorado, Kepala Polisi Aurora Art Acevedo baru-baru ini memulai percobaan AI Truleo selama satu tahun. Tujuannya memuji polisi yang baik sambil mengoreksi perilaku yang berpotensi negatif.

“Kami akan mencari kebiasaan buruk itu, dan menyajikannya kepada petugas kami sehingga mereka dapat belajar darinya, dan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Kamera Tubuh pada Polisi

Photo :
  • Istimewa

Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) memperingatkan bahwa pemerintah perlu melindungi hak-hak kelompok yang mungkin dipengaruhi oleh analisis AI dari rekaman kamera tubuh polisi.

Anaya Ronbinson dari ACLU Colorado mengatakan, “Kita harus tahu persis bagaimana mereka menggunakan AI, bagaimana persisnya penggunaan AI diatur, dan apa persisnya yang tidak boleh mereka lakukan dengan AI.”

Tinjauan demikian harus dilakukan, kata Robinson, sebelum polisi mengadopsi penggunaan teknologi AI secara luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya