Membuka Diri dan Meningkatkan Kepekaan Bagian dari Prinsip ESG

Environmental, Social, and Governance (ESG).
Sumber :
  • Traliant

VIVA Tekno – BUMN Perkebunan Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mengumumkan secara resmi penggabungan 13 perusahaan di bawah Holding Perkebunan Nusantara menjadi dua subholding/anak usaha, PalmCo (PT Perkebunan Nusantara IV) dan SupportingCo (PT Perkebunan Nusantara I), pada 1 Desember 2023.

Kian Tumbuh Subur, Produk dan Jasa Keuangan Berkelanjutan Bank Mandiri Makin Menggeliat

PalmCo diharapkan menjadi perusahaan sawit terbesar di dunia dari sisi luas lahan, yaitu mencapai lebih dari 600 ribu hektare pada 2026, dan akan menjadi pemain utama industri sawit dunia.

Dengan begitu, diperkirakan produksi minyak gorengnya akan meningkat dari 460.000 ton per tahun di 2021 menjadi 1,8 juta ton per tahun atau naik 4 kali lipat pada 2026.

Jadi Satu-Satunya Perwakilan Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan Berhasil Juarai AIRA 2023

Adapun Subholding PalmCo dibentuk melalui penggabungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, VI dan XIII ke dalam PTPN IV sebagai surviving entity dan pemisahan tidak murni PTPN III (Persero) ke dalam PTPN IV.

Pembentukan Subholding PTPN.

Photo :
  • Dokumentasi Holding Perkebunan PTPN.
BUMI Disebut Top ESG Rating dan Jadi Contoh Implementasi HAM oleh Pemerintah RI di Sidang PBB

Meski begitu, banyak yang harus dibenahi. Contohnya, masih banyak areal yang dimiliki BUMN Perkebunan dikuasai oleh pihak-pihak tidak berwenang. Salah satunya Palmco Regional I Medan, Sumatera Utara, yang mengklaim berhasil menyelamatkan aset negara hingga miliaran Rupiah di sepanjang 2023.

Penyelamatan aset negara dilakukan melalui mekanisme penyelesaian yang dikenal dengan istilah suguh hati. Penyelesaian dengan metode suguh hati merupakan altenatif solusi terbaik, di mana musyawarah mufakat secara kekeluargaan lebih dikedepankan dibandingkan dengan mekanisme penyelesaian dengan jalur litigasi atau jalur peradilan.

Bukan itu saja. Palmco Regional I Medan meresmikan media center yang diberi nama N4RI (secara Akronim dibaca NARI) Media Corporate untuk melakukan integrasi seluruh informasi yang ada di Unit Kerja PalmCo Regional I, sehingga informasi tersebut memberikan dampak yang holistik, menyeluruh dan tidak lagi tersegmen secara parsial.

Kepala Bagian Sekretariat dan Hukum PalmCo Regional 1 Medan, Christian Orchard, menyatakan jika peluncuran N4RI Media Corporate lebih kepada memberi ruangan khusus bagi masyarakat dengan mengkoordinasikan serta mensinergikan semua perangkat media internal perusahaan dalam bentuk 'agent of communication'.

"Kami ingin seluruh insan PalmCo Regional I Medan mampu membuka diri dan meningkatkan kepekaan terhadap masyarakat dan seluruh stakeholder, sehingga prinsip berkelanjutan perusahaan yang berbasis ESG (environmental, social and governance) jadi suatu kenyataan dan bersifat implementatif," jelas Orchard, dalam keterangan resminya, Sabtu, 27 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya