Hewan-hewan yang Tidak Punya Otak

Seorang bocah melihat ratusan ubur-ubur yang ada di dalam akuarium di Whale Shark Aquarium, Chimelong Ocean Kingdom, Pulau Hengqin, Zhuhai, China.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA Tekno – Ada sejumlah hewan di dunia ini yang tidak memiliki otak. Beberapa hewan di antaranya hidup di dasar laut. Hewan yang tidak memiliki otak cenderung sangat sederhana.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Mereka hanya menggunakan karakteristik biologis untuk bertahan hidup. Berikut beberapa hewan yang tidak memiliki otak dilansir dari AZ Animals:

1. Ubur-Ubur

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata)

Photo :
  • Twitter @jellyfish_otd
Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Ubur-ubur merupakan hewan laut yang terbilang tembus pandang. Hewan tersebut menjadi salah satu yang tidak memiliki otak.

Ubur-ubur bergerak mengikuti arus laut. Mereka juga menyemprotkan air yang dapat menggerakkan mereka maju. Selain itu juga, kemampuan tersbeut untuk mendorong dirinya menuju mangsa.

2. Bintang Laut

Bintang laut di Pulau Pasir, Belitung

Photo :
  • VIVAlife/Rizky Sekar Afrisia

Bintang Laut menjadi hewan yang tidak memiliki otak. Bintang laut menghabiskan waktunya di dasar laut. lebih dari dua ribu spesies bintang laut dengan berbagai ukuran, warna dan bentuk.

Di ujung tiap lengan, makhluk ini memiliki mata kecil yang mereka gunakan untuk membedakan gelap dan terang. Bintang laut tidak berguna otaknya. Ia menggunakan sensor dasar untuk tetap waspada terhadap musuh dan makanan.

Kerang purba

Photo :
  • Twitter @cadetbeeboop

Coral atau karang laut merupakan hewan laut yang tidak memiliki otak. Karang Laut masuk dalam kategori tumbuhan. Polip karang ini memakan zooplankton yang tertinggal di lautan. Karang menangkap plankton dengan tentakelnya yang dapat ditarik dan kemudian mereka mencari makan.

Strap & konektor mutiara bernuansa Kilau Mandalika

Strap & konektor mutiara bernuansa Kilau Mandalika

Photo :
  • ist

Clams atau remis tubuh terkompresi di dalam sepasang cangkang yang cukup rapat, remis juga termasuk dalam kategori kerang yang dapat membuka dan menutup cangkang.

Kerang berhasil berfungsi berkat sistem sarafnya. Mereka populer di dunia perikanan karena kerang mudah ditangkap dan hidup di seluruh dunia.

Teripang Laut

Photo :
  • Pixabay

Sea Cucumbers atau teripang yang terlihat seperti cacing tanah. ia juga termasuk hewan yang tidak memiliki otak. Selain itu juga, hewan tersbeut memiliki tekstur yang sangat kasar di bagian kulitnya.

teripang mampu mengeluarkan zat beracun holothurin yang dapat membutakan mata manusia secara permanen. Maka jika berenang di lautan alangkah baiknya untuk dihindari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya