Canggihnya Karpet di Masjid Nabawi

Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi.
Sumber :
  • SPA

VIVA Tekno – Pemerintah Arab Saudi memasang chip pada 25 ribu karpet di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Seperti dikutip dari Saudi Press Agency, Kamis, 1 Februari 2024, fungsi dari chip tersebut untuk menyimpan data mengenai tanggal produksi, waktu pertama kali penggunaan, lokasi penempatan, catatan pembersihan, sterilisasi, hingga penggunaan parfum.

Karpet-karpet Masjid Nabawi dibersihkan setiap hari dan diberi parfum dengan kualitas terbaik. Kualitasnya tak diragukan, karpet yang digunakan di Masjid Nabawi sangat tebal, tahan lama, termasuk warnanya tak mudah pudar.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Semua upaya dilakukan oleh Otoritas Umum Masjid Nabawi untuk menjaga kekhusyukan ibadah para jemaah, termasuk memperhatikan fasilitas.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Salat berjamaah dengan jaga jarak di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Photo :
  • Haramain

Bahkan, chip elektronik dipasang pada setiap karpet untuk melacak tempat dan mengetahui jadwal pembersihan dan sterilisasi.

Pemindaian kode barcode pada karpet ini juga memberikan informasi tentang karpet tersebut sejak tanggal pembuatan, penggunaan, lokasi, dan waktu pencucian.

Karpet di seluruh masjid sangat tebal, tahan lama, dan warnanya permanen sehingga mampu menampung kepadatan manusia dengan baik.

Sebagai informasi, makam Nabi Muhammad SAW berada di Al Rawda Al Sharifa, Masjid Nabawi, yang menjadi daya tarik jamaah umrah maupun haji dari seluruh dunia.

Setelah melakukan umrah atau ziarah kecil di Masjidil Haram, situs paling suci umat Islam, di Mekah, banyak peziarah berbondong-bondong ke Madinah untuk salat di Masjid Nabawi dan mengunjungi landmark Islam lainnya di kota tersebut.

Penggantian kain kiswah kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Photo :
  • SPA

Masjid Nabawi dikunjungi sekitar 6,3 juta jemaah sepanjang pekan lalu. Jumlahnya meningkat seiring musim umrah. Lebih dari 280 juta Muslim salat di Masjid Nabawi sepanjang 2023.

Pemerintah Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri akan melaksanakan umrah pada musim ini, dimulai lebih dari 6 bulan lalu. Jumlah jamaah umrah mencapai rekor 13,5 juta orang tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya