Terowongan ke Dunia Lain Ditemukan

Ilustrasi dunia lain.
Sumber :
  • Wikipedia

Jakarta – Penemuan terowongan yang menakjubkan di salah satu kuil di reruntuhan kota kuno Taposiris Magna telah membawa cahaya pada upaya pencarian makam Cleopatra.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Berdasarkan catatan sejarah, Cleopatra dikabarkan dimakamkan berdampingan dengan Jenderal Romawi Mark Antony, suaminya. Meskipun demikian, para arkeolog terus melakukan penelitian dan mencari bukti-bukti yang kuat terkait lokasi makam tersebut.

Ilustrasi Terowongan air

Photo :
  • http://dunianugroho29.blogspot.com
Bus di China Tabrak Dinding Terowongan, 14 Tewas dan 37 Luka-luka

Dilansir VIVA Tekno dari Britanica, Rabu, 31 Januari 2024, Cleopatra, yang dikenal sebagai Ratu Mesir Kuno dan sering disebut sebagai 'Firaun Perempuan,' menjadi fokus penelitian Tim arkeolog yang dipimpin oleh Kathleen Martinez dari Universitas San Domingo selama lebih dari 20 tahun.

Dalam upaya pencarian ini, Martinez dan timnya menemukan sebuah terowongan sepanjang 1.305 meter yang terletak 13 meter di bawah tanah di reruntuhan tersebut. Kementerian Pariwisata dan Barang-barang Antik Mesir menyebut penemuan terowongan kuno ini sebagai 'keajaiban.'

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Kuil Taposiris Magna, yang didirikan sekitar tahun 280 SM oleh Ptolemeus II, putra dari Jenderal terkenal Alexander Agung dan salah satu leluhur Cleopatra, diyakini didedikasikan untuk dewa Osiris dan ratunya, dewi Isis, menurut informasi dari tim arkeolog.

Keduanya diyakini dekat dengan Cleopatra. Koin-koin bertuliskan nama dan rupa Cleopatra dan Alexander Agung telah ditemukan di terowongan tersebut. begitu pula dengan patung Isis. Terowongan ini dipahat dari batuan dasar Mesir.

Lubang pemakaman berisi penguburan Yunani-Romawi juga telah ditemukan di kuil. Ada kemungkinan bahwa Cleopatra dan suaminya Mark Antony mungkin dikebumikan di makam yang sama.

Penelitian di masa depan dapat menghasilkan lebih banyak informasi tentang apakah terowongan tersebut dapat mengarah ke makam yang telah lama hilang.

Tahap selanjutnya adalah menjelajahi laut Mediterania di dekatnya. Antara tahun 320 dan 1303 M, serangkaian gempa bumi melanda area tersebut. Alhasil, sebagian candi runtuh dan ditelan ombak.

Kepala pualam juga ditemukan di lokasi candi. Terlepas dari apakah makam tersebut ditemukan atau tidak, penggalian menyeluruh terhadap reruntuhan ini dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang kota kuno misterius tersebut.

Sejauh ini, telah ditemukan beberapa harta karun di terowongan tersebut. Antara lain pecahan tembikar dan balok batu kapur berbentuk persegi panjang.

Ilustrasi Cleopatra

Photo :
  • thegrcurrent

Menurut cerita sejarah, ketika Mark Antony meninggal dalam pelukannya pada tahun 30 SM, Cleopatra langsung bunuh diri. Diyakini, wanita itu dengan sengaja membiarkan ular berbisa menggigitnya.

Momen kematian tersebut telah diabadikan dalam seni dan sastra. Namun lebih dari dua milenium kemudian, hanya sedikit yang diketahui tentang di mana jenazahnya berada.

Serangkaian petunjuk membuat Martinez percaya bahwa makam Cleopatra mungkin terletak di Kuil Osiris di reruntuhan kota Taposiris Magna, di pantai utara Mesir, di mana Sungai Nil bertemu dengan Laut Tengah.

Menurut Martinez, Cleopatra pada masanya dianggap sebagai inkarnasi manusia dari dewi Isis. Lalu, Antony dianggap sebagai dewa Orisis, suami Isis.

Martinez percaya Cleopatra mungkin telah memilih untuk mengubur suaminya di kuil untuk mengaburkan mitos ini. Dari 20 kuil di sekitar Alexandria yang telah dia pelajari, Martinez mengatakan tidak ada tempat, struktur, atau kuil lain yang menggabungkan begitu banyak kondisi seperti kuil Taposiris Magna.

Pada tahun 2004, Martinez membawa teorinya ke Zahi Hawass, seorang arkeolog Mesir yang saat itu adalah menteri urusan barang antik Mesir. Dan setelah bertahun-tahun mencari, Martinez merasa dia semakin dekat dengan makam Cleopatra

Penggalian sejauh ini mengungkapkan bahwa kuil itu didedikasikan untuk Isis yang menurut Martinez adalah tanda lain bahwa makam yang hilang terletak di dekatnya serta terowongan di bawah laut.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, garis pantai di negara itu telah dilanda gempa bumi selama berabad-abad. Bencana alam tersebut menyebabkan sebagian dari Magna Taposiris runtuh dan tenggelam di bawah gelombang.

Di sinilah Martinez dan timnya mencari lebih lanjut. Meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui ke mana arah terowongan ini.

"Jika terowongan ini benar-benar mengarah ke makam Ratu Cleopatra, itu akan menjadi penemuan terpenting abad ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya