'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Tekno – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kedatangan 'pemimpin rambut putih' di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi ini, 17 April 2024.

Presiden Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan

Yang dimaksud adalah Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook. Ia dijadwalkan sowan ke Jokowi pada pukul 09.30 WIB dengan didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

"Benar. Dia (Tim Cook) akan diterima Bapak Presiden (Jokowi) di Istana Negara jam 09.30 WIB besok (hari ini)," katanya, Selasa, 16 April 2024.

Puan Bertemu Jokowi di WWF ke-10 Bali, Hasto Bilang Begini

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Menkominfo, akan dibahas peluang investasi Apple di Indonesia yang penting bagi ekosistem kemajuan teknologi global.

Meski begitu, Budi Arie enggan membahas detailnya seperti apa. Dirinya hanya bilang tunggu setelah Presiden Joko Widodo dan Kepala Eksekutif Apple Tim Cook bertemu.

Ditanya Kenapa Tak Undang Jokowi di Rakernas PDIP, Hasto Ungkit Masalah Pemilu 2024

"Detailnya nanti tunggu setelah pertemuan. Intinya, bagus untuk Indonesia karena negara kita menjadi bagian penting dari ekosistem kemajuan teknologi," jelas dia.

Tim Cook dan Apple Vision Pro.

Photo :
  • MacRumors

Tim Cook dan Apple Vision Pro.

Photo :
Usai bertemu Jokowi, Tim Cook diagendakan menuju ke Bali untuk meresmikan
. Saat ini, Apple sudah memiliki tiga Apple Developer Academy di Indonesia yaitu Sidoarjo, Batam, dan Tangerang Selatan, Banten.

Apple Developer Academy adalah pusat pelatihan bagi pengembang aplikasi untuk iOS, sistem operasi perangkat Apple seperti iPhone dan iPad.

Investasi jutaan dolar AS Apple untuk pembangunan Apple Developer Academy di Indonesia dilakukan demi memenuhi regulasi konten lokal (tingkat komponen dalam negeri/TKDN) iPhone.

Pemerintah Indonesia mewajibkan semua HP berteknologi 4G yang dipasarkan di Indonesia untuk memenuhi konten lokal baik secara komponen (manufaktur) maupun piranti lunak (software).

Apple menggunakan jalur khusus, yaitu pemenuhan TKDN lewat investasi. Oleh karena itu, iPhone kini adalah satu-satunya HP impor yang boleh beredar di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya