Smartfren Akui Kandungan Lokal 4G Masih 28 Persen

Andromax Q, yang diduga smartphone 4G
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Menindaklanjuti aturan pemerintah soal ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), PT Smartfren Telecom menyiapkan fasilitas perakitan komponen lokal ponsel pintar 4G di dalam negeri.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Smartfren menggandeng mitra perusahaan perakitan asal Tiongkok, PT Haier Electronical Appliances Indonesia, untuk merakit ponsel 4G di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Divisi Smartfren Sukoco Purwokardjono menjelaskan, perakitan perangkat 4G di Indonedia adalah komitmen perusahaan terkait Permen Menkominfo soal komponen lokal. "Ini bentuk kepatuhan kepada pemerintah, yang mana produk 4G harus konten lokal. Saat ini (perakitan) kami masih satu line, tapi nanti pasti akan ditambah line-nya," ujarnya saat berkunjung ke ke pabrik Haier, Kamis, 21 Mei 2015.

Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup

Terkait komposisi komponen lokal ponsel pintar 4G Smartfren, Haier menyebutkan memang belum sepenuhnya akan mencapai 40 persen seperti yang dicanangkan Kominfo. "Komponen lokalnya saat ini masih 28,8 persen. Tapi nanti akan bertambah secara bertahap. Kan ini baru produksi pertama," ujar Surahman, Business Planning Manager PT Haier Electrical Appliances Indonesia di lokasi yang sama.

Guna mengejar target tersebut, Smartfren menggandeng Haier untuk mempercepat proses perakitan ponsel dan produk 4G keluarannya. Jumlah karyawan yang kerahkan oleh Haier untuk merakit produk 4G itu 1138 karyawan dengan masa kerja delapan jam dalam sehari. "Dengan jumlah karyawan dan jam kerja tersebut, bisa penuhi kapasitas 50 ribu unit itu," ujarnya.

Soal Nama Smartphone 4G

Smartfren menyebutkan dalam waktu dekat ini akan merilis ponsel pintar 4G Andromax Haier C4 dan Andromax Haier G3 serta Mifi. Di sela-sela kunjungan, eksekutif Smartfren dan Haier memamerkan kemasan perangkat ponsel pintar 4G LTE dengan nama brand yang berbeda. Pada kemasan, tertera nama Andromax Q.

Bumikan Internet Cepat, Smartfren Gandeng Lenovo

Mengenai hal ini, Sukoco masih enggan menyebutkan nama brand ponsel 4G LTE Smartfren yang akan diluncurkan. "Ya soal nama kan bisa berubah. Belum tentu itu (Andromax Q)" kata Sukaca.

Sukoco mengungkapkan, sampai akhir tahun ini, perusahaannya bakal merilis rangkaian produk 4G yaitu Andromax seri C, seri G, seri I dan Mifi router. Namun dalam beberapa pekan ke depan, Smartfren akan meluncurkan satu ponsel pintar 4G LTE dan Mifi.

Sayangnya, dia tak menjelaskan secara detail produk 4G LTE mana yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Ia mengatakan, tahapan munculnya produk Smartfren itu akan melalui beberapa tahap yaitu perkenalan perangkat (soft launching) dan setelahnya commercial launching.

"Soft launching akan kami lakukan dalam beberapa minggu ke depan. Pada soft launching, sudah bisa dilakukan pre order (pemesanan)."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya