Kaskus Rilis Aplikasi Jual Beli di Android dan iOS

Kaskus rayakan ultah ke-16 dengan perkuat forum Jual Beli
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Menandai ulang tahun ke-16, komunitas online pertama dan terbesar di Indonesia, Kaskus, meluncurkan fitur baru pada forum Jual Beli dan merilis aplikasi mobile khusus untuk jual beli.
 
Vice President of Product Management Kaskus, Ardyanto Alam, menjelaskan fitur baru yang diluncurkan yaitu verified seller, rekening bersama Kaskus dengan sebutan BranKas, shipping system, merchant dashboard, feedback system dan resolution center.
 
Fitur verified seller, kata Ardi, sangat berguna. Para penjual yang terdaftar di Kaskus harus terverifikasi data dan keberadaan jualannya. Untuk itu, penjual harus melengkapi data dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) , Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan nomor rekening.
 
“Ini (verified seller) suatu program yang kami siapkan untuk meyakinkan para Kaskuser yang ingin belanja. Kami akan melihat, Kaskus kenal enggak, kemudian kami memverifikasi identitas dia (penjual),” ujar Ardy pada Jumat 6 November 2015, di Kantor Kaskus, Jakarta Selatan.
 
Ada juga fitur BranKas yang merupakan istilah untuk rekening bersama resmi yang dikelola Kaskus. BranKas akan menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Rekening bersama ini resmi atas nama Kaskus.
 
“Kaskus menawarkan keamanan bertransaksi, kaskuser dapat menikmati sistem pembayaran tanpa biaya tambahan, lebih mudah digunakan, serta lebih terpercaya karena merupakan sistem resmi dari Kaskus,” ujar Andi.
 
Sedangkan fitur merchant dashboard, merupakan tempat untuk penjual melihat daftar lapak yang dimiliki dan memantau transaksi yang terjadi jika menggunakan BranKas. Untuk pembeli, fitur itu berguna sebagai tempat untuk melihat daftar lapak untuk memantau status barang dan juga transaksinya.
 
“Semua di-list dengan baik, sekali klik, pembeli dan penjual bisa melihat statusnya,” kata Ardy.

Tahun 2016, Kaskus Fokus ke Forum Jual Beli

Kemudian proses pembayaran juga berlangsung di fitur BranKas.
 
Shipping system merupakan fitur untuk memantau pengiriman barang. Kaskus mengatakan, untuk ini mereka bekerja sama dengan JNE dan Pos Indonesia. Selanjutnya feedback, merupakan fitur yang digunakan untuk para pembeli memberikan penilaian, komentar dan masukan.
 
“Kita saling belajar, dari pembeli juga, misalnya nanti dikatakan 'oke gan barang sudah sesuai dengan yang diharapkan tapi kirimnya lebih cepat ya'," kata dia mencontohkan.
 
Sedangkan fitur resolution center, Andi mengungkapkan merupakan mekanisme atas transaksi yang tak berjalan mulus. Untuk antisipasi munculnya suatu konflik, fitur itulah yang mereka siapkan.
 
"Apabila ada suatu konflik, kami menyiapkan suatu proses moderasi, sehingga  bisa mengasilkan resolusi," ucapnya.
 
Selain fitur, Kaskus Jual Beli meluncurkan aplikasi beta mobile, khusus Jual Beli di Android dan iOS. Andi mengatakan hal itu bertujuan untuk memenuhi keinginan Kaskuser sehingga akses Jual Beli dapat lebih cepat dan mudah.
 
"Jadi, sudah bisa di-download, silahkan mencoba," katanya.
 
Pendiri dan Chief Community Offier Kaskus, Andrew Darwis dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, mengatakan kenyamanan para Kaskuser dalam mengakses Kaskus merupakan prioritas utama bagi platform tersebut untuk mengembangkan fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan Kaskuser.
 
“Peluncuran fitur terbaru Jual Beli, khususnya verified seller dan BranKas, serta aplikasi mobile khusus Jual beli ini, merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan inovasi secara kontinyu. Hal ini juga bertujuan untuk menjamin kepercayaan serta kemanan Kaskuser dalam melakukan jual beli di Kaskus,” kata Andrew.

Kaskus kumpulkan pecinta Pokemon Go di FX Sudirman, Jakarta

Kaskus Bikin Forum Khusus Pemain Pokemon Go

Diskusi Pokemon di Kaskus cukup tinggi

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016