Anak Bangsa Kuasai Video Terpopuler di Youtube Tanah Air

Menonton YouTube sambil bermain gawai (gadget).
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Sebutan Indonesia sebagai raja media di internet, memang tidak dipungkiri lagi. Setelah disebut menjadi negara Twitter, Youtube pun dikuasai oleh kreator lokal. 

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Menurut data Google, yang dilaporkan dalam Youtube Rewind, Kamis 8 Desember 2016, video-video yang dianggap terpopuler di Indonesia, tidak lagi buatan orang luar, melainkan kreator lokal, asli anak bangsa. Ini tidak terkecuali video musik, komedi, sampai video blogger (vlog).

"Tahun ini, seluruh video terpopuler di Indonesia adalah karya asli anak bangsa, dengan tujuh dari 10 video berasal dari kreator lokal di Youtube," ujar pihak Google Indonesia, induk yang menaungi platform berbagi video Youtube, dalam laporan Youtube Rewind 2016.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Kreator lokal yang dimaksud, menurut Google, seperti Chandra Liow, Edho Zell, Eka Gustiwana, dan Last Day Production. Dari konten yang membanjiri Youtube, tema kehidupan sehari-hari masih terus diminati pengunjung Youtube di Indonesia. 

"Sepuluh video terpopuler di Indonesia hingga saat ini memiliki total 43 juta views. Angka ini meningkat dua kali lipat dibanding total views 10 video terpopuler di 2015, yang hanya 21 juta," ujar pihak Google.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Untuk kategori musik, dalam laporan Youtube Rewind 2016, musik Indonesia juga cukup diganderungi di negeri sendiri. Beberapa yang populer seperti lagu Anji yang berjudul 'dia' dan 'Pamit' dari Tulus.

Sedangkan dalam daftar video musik terpopuler di dunia, lagu Fifth Harmony berhasil mencapai satu miliar views. Namun, untuk pemecah rekor view terbanyak dalam waktu singkat (24 jam), lagi Work dari Rihanna feat. Drake adalah pemenangnya.

Laporan Google Youtube Rewind bisa dilihat dalam bentuk video di sini.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya