HP Lemot? Simak Cara Mengatasinya Supaya Normal Kembali

Generasi milenial tidak bisa jauh dari smartphone.
Sumber :
  • Boston Consulting Group

VIVA – Ponsel atau dikenal dengan HP memang merupakan benda elektronik yang sangat penting bagi banyak orang di era digital seperti sekarang. Hal ini yang menyebabkan banyak orang khawatir jika HP mereka mengalami kendala seperti lambat dalam merespon kebutuhan di dunia digital.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Berbicara soal HP tentunya kamu sudah tahu kalau mayoritas HP keluaran terbaru telah dilengkapi dengan spesifikasi yang ‘gahar’, mulai dari memori besar, kamera berderet rapi dengan bermacam fungsinya dan processor terbaik dari masing-masing brand.

Meski begitu, tetap saja ada beberapa masalah yang kerap kali dialami oleh Sebagian orang, salah satunya HP lemot, hal ini dapat disebabkan dari berbagai kendala, seperti kapasitas RAM yang tidak memadai dan kapasitas memori internal yang hampir penuh dan banyak kemungkinan lainnya.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Agar kamu tetap nyaman menggunakan HP kesayanganmu, ada baiknya kamu simak artikel ini. Berikut VIVA telah merangkumnya dari banyak sumber:

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi HP lemot, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kendala-kendala yang umum terjadi saat HP terasa lemot, karena jika kita telah mengetahui kendalanya, dengan mudah kita juga dapat mengatasinya.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Penyebab utama HP lemot

1. Degradasi RAM

RAM akan mengalami penurunan seiring lama pemakaian ponsel. Lebih baik tidak menggunakan dan membuka aplikasi yang berat bila kapasitas RAM ponselmu cukup kecil. Adanya degradasi RAM akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses ponselmu.

2. Terlalu banyak aplikasi

Terlalu berlebihan aplikasi juga akan mengurangi kecepatan ponsel. Sebaiknya, sesuaikan aplikasi bawaan ponsel yang tidak digunakan agar tidak menambah berat kinerjanya. Non aktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak kamu perlukan. Semakin sedikit aplikasi yang digunakan, semakin ringan ponselmu saat kamu gunakan.

Cara mengatasi HP lemot

Ilustrasi perbaikan ponsel

Photo :
  • Pixabay

1. Perhatikan kapasitas penyimpanan pada folder whatsapp di memori internal

Whatsapp memiliki data backup yang terdapat di penyimpanan internal, semisal kamu mengirimkan foto yang ada di galeri kamu ke kontak whatsapp teman, maka foto yang kamu kirimkan otomatis terbackup di memori internal. Kamu perlu menghapus file-file tersebut karena terjadi penyimpanan double di HP mu.

Cara menghapusnya:

  1. Buka file manager
  2. Pilih penyimpanan internal
  3. Cari folder penyimpanan whatsapp
  4. Pilih media. Nah pada folder media ini terdapat beberapa file seperti whatsapp video, whatsapp sticker, whatsapp dokumen, whatsapp images dll.
  5. Pilih salah satu folder tersebut, misal whatsapp images
  6. Di dalam folder whatsapp images aka nada folder ‘sent’
  7. Pilih folder send, dan hapus semua yang ada di dalamnya, sebenarnya foto-foto yang terdapat pada folder sent ini adalah foto yang tidak kamu perlukan lagi.
  8. Teruskan langkah ini pada folder-folder lain yang disebutkan diatas.

2. Kapasitas memori

Memang ada banyaknya aplikasi terbaru yang sangat menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya.

Dampaknya, ruang penyimpanan di HP kamu menjadi tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna. Maka untuk menjaga agar HP kamu tetap berjalan lancar, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau memiliki fungsi sama tersebut.

3. Auto Kill

Kamu yang sering melakukan multitasking di HP, pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps. Dampak lanjutan saat banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps adalah RAM semakin sesak, dan HP jadi lemot. Untuk menghindarinya coba kamu gunakan fitur Auto Kill. Fitur ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga HP kamu tidak akan lemot.

4. Kurangi penggunaan widget

Widget memang menarik banyak orang untuk mengganti tampilan pada smartphone mereka, bukan hanya itu, widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Meski membuat HP kamu tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, tetapi hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya HP kamu menjadi lambat. Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget biar HP kamu nggak lemot, ya

5. Bersihkan cache data

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan adanya cache di HP, kamu akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaat tersebut, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat HP kamu menjadi lemot.

Cara mengatasi HP yang lemot karena cache menumpuk ini adalah dengan selalu menghapus cache dari setiap aplikasi yang sering kamu gunakan. Caranya, masuk Settings - Apps - All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache.

6. Factory reset

Mungkin beberapa di antara kamu sudah sering melakukan Factory Reset. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang bertumpuk di HP kamu. Kamu bisa melakukan Factory Reset melalui menu Settings - Backup & reset - Factory data reset.

Demikian 6 tips cara mudah mengatasi HP yang lemot, semoga kamu dapat menerapkannya ya, urutkan tahapan-tahapan sesuai nomor di atas dipastikan cara diatas dapat membuat HP kamu Kembali lancar seperti semula. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya