5 Cara Membersihkan Layar HP yang Benar, Jangan Asal-asalan

Cara membersihkan layar HP.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Cara membersihkan layar HP mungkin diperlukan agar tetap bersih dan terhindar dari kuman dan segala kotoran. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita hampir tidak mungkin menghindari permukaan yang dipenuhi dengan kuman. Misalnya seperti saat menekan tombol lift, pegangan tangan, gagang pintu dan lain sebagainya. Setelah itu kita harus menyentuh layar HP kita dan mungkin membawa kuman tersebut. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Layar HP dikatakan sebagai tempat virus dan bakteri berkumpul karena jari tangan kita yang telah menyentuh segala macam benda. Sehingga HP juga perlu dibersihkan dengan baik agar tidak menimbulkan bakteri yang bisa berdampak buruk. Kamu harus membersihkan layar HP setidaknya sekali sehari. Membersihkan layar HP dengan cara yang salah dapat menghilangkan lapisan yang melindungi layar. Lebih baik menggunakan disinfektan atau kain mikrofiber.

Mengutip dari Good Housekeeping, berikut ini sejumlah cara membersihkan layar HP dari kuman dan kotoran dengan cara yang benar. 

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

1. Pastikan HP dalam keadaan mati saat dibersihkan

Ilustrasi ponsel.

Photo :
  • Pixbay/helloolly
Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Sebelum membersihkan layar HP, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa HP sudah dalam keadaan mati. Jika HP sedang terhubung dengan colokan charger, lepaskan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

2. Gunakan kain mikrofiber

Ilustrasi membersihkan smartphone.

Photo :
  • U-Report

Cara membersihkan layar HP yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kain mikrofiber. Kamu bisa mengusap perlahan layar HP dengan kain mikrofiber bersih untuk menghilangkan noda dan kotoran. Gunanya adalah untuk menghilangkan kuman. Meskipun itu tidak berarti akan membunuh kuman, tetapi setidaknya kuman terangkat dari permukaan. Kain microfiber ini dapat melakukannya lebih baik daripada kain lap atau handuk, karena serat memiliki lebih banyak area permukaan untuk menjebak kotoran dan menyerap minyak dengan baik.

3. Gunakan lap/tisu disinfektan 

Cara membersihkan layar HP.

Photo :
  • vstory

Penggunaan tisu disinfektan dianggap aman untuk penggunaan topikal pada elektronik. Tisu disinfektan tersebut akan secara efektif menetralisir kuman yang tersisa. Pastikan terlebih dahulu bahwa tisu tidak terlalu basah, jika terlalu basah peras air berlebihnya. Kemudian, usap bagian layar HP kamu dengan lembut dan hindari bagian port.

4. Biarkan layar HP mengering 

Ilustrasi smartphone dan teknologi 5G.

Photo :
  • Pexels/jeshoots

Seperti kebanyakan disinfektan pada umumnya, biarkan permukaan layar HP kering setidaknya selama 10 menit dan minimal 5 menit agar lebih efektif. Tetapi jika tidak dikeringkan dengan waktu yang ditentukan pun tidak masalah karena layar HP sudah dibersihkan. Tisu disinfektan ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendisinfeksi-nya. 

5. Gunakan handuk bersih atau kain mikrofiber

Kain lap Apple Polishing Cloth.

Photo :
  • MacRumors

Setelah itu cara membersihkan layar HP yang selanjutnya adalah membersihkan sisa kelembaban dengan kain mikrofiber. Idealnya, tidak boleh menggunakan kain mikrofiber yang sama seperti pada cara kedua, tetapi kain lain yang baru karena yang sebelumnya tentu sudah kotor dengan kuman dan bakteri yang terangkat. Sehingga harus dicuci lagi terlebih dahulu sampai bersih. 

Kain kotor harus dibersihkan secara teratur untuk menghindari pengendapan kembali tanah di permukaan dan mencegah penyebaran kuman. Kain lap biasa bisa dicuci dengan pemutih. Baik kain biasa maupun kain mikrofiber juga bisa direbus selama beberapa menit di dalam air agar kumannya rontok dan hilang. 

Kapan harus membersihkan layar HP?

Ilustrasi aplikasi di smartphone.

Photo :
  • Pixabay/MariusMB

Kamu perlu membersihkan layar HP setidaknya sekali setiap hari dengan menggunakan kain mikrofiber sebagai yang paling efektif untuk dilakukan setiap hari dnegna cepat dan mudah. Karena setiap harinya kuman dan bakteri bisa saja menempel pada jari kita saat menyentuh layar HP. 

Jika membersihkan layar HP setiap hari terdengar seperti sesuatu yang tidak memungkinkan untuk dilakukan, kamu bisa mencoba memanfaatkan sinar UV yang bisa menghilangkan virus. Dosis sinar UV dan seberapa dekat jaraknya dengan layar HP menentukan berapa lama kamu perlu menggunakannya. Kamu bisa meninggalkan ponsel di ruang tertutup sinar UV selama 10 menit. 

Atau cara yang paling mudah agar layar HP tidak kotor dan tidak selalu harus dibersihkan adalah dengan mencuci tangan dan menggunakan tisu desinfektan untuk membersihkannya. Itu menjadi salah satu pilihan yang lebih baik daripada menggunakan sinar UV.

Cara menjaga kebersihan layar HP

Ilustrasi menyembunyikan ponsel ilegal.

Photo :
  • U-Report

Meskipun sudah sering dibersihkan, layar HP dapat kembali terkena kuman dan bakteri berbahaya lainnya dengan cepat. Berikut ini sejumlah cara menjaga kebersihan layar HP. 

1. Jangan menaruh HP di sembarang tempat

Perlu diingat bahwa jangan sampai kamu meletakkan HP di sembarang tempat. Hal itu dikarenakan kuman dan bakteri bisa ada di mana saja. Jadi lebih baik simpan HP di tempat yang aman dan baik yang memungkinkan terhindar dari kuman dan kotoran. Kamu bisa selalu meletakkannya di dalam saku atau di dalam tas. Itu juga layar HP tetap harus selalu dibersihkan. 

2. Hindari menggunakan HP di jalan

Lebih baik menghindari bermain HP saat bepergian, sedang di jalan atau di angkutan umum. Hal itu dikarenakan kuman yang bersentuhan dengan kamu baik itu di pagar dan pegangan dapat dengan mudah masuk ke layar HP. Waktu terbaik untuk menggunakan HP adalah saat kamu sedang duduk seperti di bus atau kereta dan tidak menyentuh tiang atau pegangan lain. 

3. Tidak membawa HP ke dalam kamar mandi

Sebagian orang pasti ada saja yang membawa HP mereka ke dalam kamar mandi, entah itu untuk mengirim pesan, menelepon, atau bermain media sosial. Meskipun kamu sudah mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet, tapi ada banyak penelitian yang menggambarkan berapa banyak kuman berbahaya yang ditemukan bersembunyi di kamar mandi. Sehingga mudah untuk menempel di layar HP kamu.

4. Hindari penggunaan HP untuk melihat resep saat memasak

Biasanya hal ini dilakukan oleh para perempuan dan ibu rumah tangga. Mereka kerap kali menggunakan HP untuk melihat instruksi resep masakan sambil memasak di dapur. Kontaminasi silang antara HP dan permukaan dapur dapat dengan mudah terjadi jika kamu memasak dengan bahan mentah, termasuk unggas, daging sapi, babi dan ikan. Jadi, pastikan untuk mencuci tangan secara menyeluruh sebelum dan sesudah menangani bahan mentah saat memasak. 

Ilustrasi aplikasi di smartphone

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dua HP (smartphone/ponsel pintar) terendus akan meluncur pada pekan ini atau dua minggu usai Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024